Pengertian Pkbm

Beberapa definisi lain dari pkbm yang teridentifikasi diantaranya adalah: Pusat kegiatan belajar masyarakat adalah sebuah lembaga pendidikan yang diselenggarakan diluar sistem pendidikan formal diarahkan untuk masyarakat pedesaan dan perkotaan dengan dikelola oleh masyarakat itu sendiri serta memberikan. Pengertian pkbm pengertian pkbm (pusat kegiatan belajar masyarakat) adalah suatu wadah yang menampung seluruh kegiatan belajar masyarakat. Tujuan pkbm adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat, keahlian dan keterampilan yang di kelolah masyarakat dan di hasilkan masyarakat. Dengan adanya pkbm maysrakat dapatlebih mandiri dalam sosialnya. Pusat kegiatan belajar masyarakat disingkat pkbm, adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan non formal. pkbm ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari dinas pendidikan nasional.

Semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. Pada postingan di atas pengertian dari kata “pkbm” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu. Pusat kegiatan belajar masyarakat atau lebih disingkat dengan pkbm adalah suatu wadah berbagai kegiatan pembelajaran masyarakat diarahkan pada pemberdayaan potensi untuk menggerakkan pembangunan di bidang sosial, ekonomi, dan budaya. Tujuan pkbm, memperluas kesempatan warga masyarakat, khususnya yang tidak mampu untuk meningkatkan. Pengertian tata boga adalah seni mengolah masakan yang meliputi seluruh ruang lingkup makanan, mulai dari tahap persiapan, pengolahan samapai dengan tahapan menghidangkan makanan, baik itu yang bersipat makanan tradisional ataupun. Pkbm dalam memberdayakan masyarakat melalui pelatihan tata boga di pkbm bina mandiri cipageran 4. Peraturan pemerintah ri no. 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan, pasal 1 ayat 33, menjelaskan pkbm adalah “satuan pendidikan nonformal yang menyelenggarakan berbagai kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan masyarakat atas dasar prakarsa dari, oleh, dan untuk masyarakat”. Pengertian pusat kegiatan belajar masyarakat (p kbm) dalam draft standar pelayanan minimal (s pm) yang dikembangkan oleh balai pengembangan kegiatan belajar (b pkb) jawa tengah, lebih mengarah pada makna dasar pkbm. 2 pusat, bermakna pada pemusatan manajemen, bukan dalam pengertian pemusatan berbagai program kegiatan pkbm

Baca Juga :

Video Tentang Pengertian Pkbm

Kami berusaha menampilkan informasi mengenai Pengertian Pkbm secara lengkap, dari berbagai sumber di internet. Pembahasan artikel di atas Kami sampaikan inti-intinya saja, bisa dikatakan sebagai kesimpulannya. Untuk melengkapinya, berikut ini ada beberapa video yang menjelaskan secara lengkap seputar Pengertian Pkbm. Silakan disimak.

  • Apa sih PKBM simak vidio berikut ini

    ( Read More)

    Apa sih PKBM???

    PKBM Adalah pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan kesetaraan paket a (setara SD /MI) paket b (setara SMP /MTs ) & paket c (setara SMA /MA/SMK )

    #pendidikannonformal

    Bagi yang ada di luar negeri bisa ikut kejar paket a b serta c di Kedutaan Besar Republik Indonesia(KBRI)

    Kejar Paket A B C di Malaysia raboninco.com/xJPz

    Kejar Paket A B C di Taiwan
    raboninco.com/xjIU

    Kejar Paket A B C di Hongkong
    raboninco.com/xjOd

    Kejar Paket A B C di Singapura
    raboninco.com/xjUe

    Kejar Paket A B C di Brunai Darusalam
    raboninco.com/xjo9

  • CARA MENDIRIKAN PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) – SAFURI MUSA

    ( Read More)

    Salam Pembelajar.
    PKBM merupakan salah satu satuan pendidikan nonformal/pendidikan luar sekolah. PKBM memiliki fungsi sebagai wadah untuk membelajarkan masyarakat agar memiliki keterampilan, sikap dan pengetahuan yang diperlukan. Prinsip penyelenggaraan PKBM : dari, oleh dan untuk masyarakat

    Program yang dibelajarkan di PKBM antara lain:
    1. Pendidikan Anak Usia Dini
    2. Pendidikan Kesetaraan
    3. Pendidikan Keaksaraan (literasi)
    4. Kurusus
    5. Magang
    6. Pelatihan

    Langkah-langkah mendirikan PKBM
    1. Perencanaan
    2. Menyusun proposal pendirian PKBM
    3. Konsultasi ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui Penilik Dikmas/Paud dan PNF
    4. Pendataan Kelompok sasaran (peserta didik)
    5. Menetapkan program yang akan dilaksanakan (minimal 3 program)
    6. Identifikasi tenaga kependidikan/guru/tutor/instruktur dan pengelola/staf PKBM
    7. Identifikasi potensi dan mitra yang mendukung PKBM
    8. Menyiapkan sarana prasarana, gedung, media belajar dan fasilitas pendukung

    Semoga video ini maslahat.
    Jazakumullah khoiron katsiron jika anda berkenan : like, subscribe dan coment video saya ini.

    SAFURI MUSA
    Dosen Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Jawa Barat.
    [email protected]

  • Penjelasan Pengertian Sekolah PKBM ANEKA

    ( Read More)

    Menyelenggarakan
    1. Pendidikan Kesetaraan SD (Paket A)
    2. Pendidikan Kesetaraan SMP (Paket B)
    3. Pendidikan Kesetaraan SMA (Paket C)

    Daftar Disini:
    Menerima
    1. Anak putus (drop out) sekolah.
    2. Masyarakat yang membutuhkan Ijasah setara.

    Nomor Telepon:

    Rita
    HP : 0852 3362 6369
    WA : 0857 3119 5103

    Wiendono
    HP : 0812 3296 4431

  • WAKTU TEMPUH SEKOLAH PAKET C 2021

    ( Read More)

    WAKTU TEMPUH SEKOLAH PAKET C 2021

  • Mengenal Kegiatan PKBM di Daarut Tauhiid | Edu Talks Eps. 4

    ( Read More)

    daaruttauhiid.org

    Sahabat, PKBM atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat merupakan Lembaga Pendidikan yang diselenggarakan di luar sistem pendidikan formal atau kita lebih mengenal dengan Pendidikan Kesetaraan seperti paket A, B dan C

    Pendidikan Kesetaraan merupakan solusi bagi Masyarakat yang memiliki Kemampuan finasial terbatas ataupun Waktu belajar yang terbatas sehingga tidak bisa mengikuti pendidikan formal/umum.

    Inilah yang menjadi dasar hadirnya PKBM di Daarut Tauhiid yang kini telah Memiliki NSPN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) sebagai legalitas berdirnya PKBM ini.

    Untuk mengenal PKBM lebih dalam Mari Kita Simak Diskusi bersama Dr. Yunus Zainuddin, M.Pd dan Bapak Fredy Rizaldy

    🆕 Website
    daaruttauhiid.org
    📶 Subscribe channel You Tube Daarut Tauhiid Official
    youtube.com/c/DaarutTauhi...
    ⏹️ Instagram daarut.tauhiid
    instagram.com/daarut.tauh...
    🅿️ Fanpage Facebook Resmi Daarut Tauhiid
    facebook.com/ponpesdaarut...
    🔂 Twitter : Daarut Tauhid
    twitter.com/daarutauhiidBDG?s=09

    ____________
    Mari dukung Media Dakwah Daarut Tauhiid || Kami membuka Ladang Amal berupa donasi untuk Pengembangan Media Dakwah melalui : rek Bank Muamalat No : 103 000 5413 An Yayasan Daarut Tauhiid || Konfirmasi ke no : 081366317363 || Semoga menjadi Amal Shaleh yang Mengundang Barokah

    #kesetaraan #homeschooling #pendidikankesetaraan #pkbmdaarutauhiid #kesetaraanpendidikan #ujianpaketc #ujianpaketa #ujianpaketb #pkbm #ijazah #sekolahnonformal #pendidikan #infopendidikan #bimbinganbelajar #sekolahminatbakat #homeschoolingindonesia #daaruttauhiid #pesantrendaaruttauhiid #aagym #ponpesdaaruttauhiid #daaruttauhiidbandung

  • Apakah PKBM itu

    ( Read More)

    PKBM atau Pusat Kegitan Belajar Masyarakat sangat berkaitan erat dengan Homeschooling, apa saja kaitan nya? Simak video nya ya...

    #homeschooling #pkbm #belajardirumah #pendidikan #pendidikannonformal #ijazahkejarpaket#ujiankesetaraan

    Link video :
    youtu.be/5owQdBcZEBM

  • Syarat Pendaftaran Sekolah Paket A, B & C di PKBM ANEKA Waru Sidoarjo

    ( Read More)

    Menyelenggarakan
    1. Pendidikan Kesetaraan SD (Paket A)
    2. Pendidikan Kesetaraan SMP (Paket B)
    3. Pendidikan Kesetaraan SMA (Paket C)

    Daftar Disini:

    Menerima
    1. Anak putus (drop out) sekolah
    2. Masyarakat yang membutuhkan Ijasah setara

    Nomor Telepon:

    Rita
    HP : 0852 3362 6369
    WA : 0857 3119 5103

    Wiendono
    HP : 0812 3296 4431

    (Kegiatan Pembelajaran PKBM "ANEKA" Masa Pandemi tidak Dilaksanakan di Sekolah tetapi Dilakukan Melalui DARING)

  • Apa Itu Kejar Paket C

    ( Read More)

    Apa itu kejar paket C

  • Ijazah Paket C 2021

    ( Read More)

    Pada kesempatan ini saya akan memberikan informasi mengenai tampilan ijazah Pendidikan Kesetaran Program Paket C Setara SMA yang tidak memakai QR Code lagi, namun keaslian ijazah dapat ditelusuri dengan adanya Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang ada di ijazah pada laman web Kemdikbudristek. Ijazah Paket C ini dapat diperoleh tentu saja dengan ikut terdaftar dan belajar aktif di Satuan Pendidikan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dan SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) yang prosesnya juga sama dengan sekolah formal lainnya, hanya saja jadwal dan proses belajarnya mungkin ada perbedaan.

    Jangan lupa di subscibre, like, coment and share yaakkk.

    #paketc #ijazahpaket #sekolahpaket

  • Program PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Daarut Tauhiid

    ( Read More)

    daaruttauhiid.org

    Program PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Daarut Tauhiid
    .
    Sahabat, selain pendidikan formal, di Daarut Tauhiid juga ada pendidikan non formal. Yaitu dengan program PKBM Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Pendidikan non formal ini kami adakan agar semua lapisan masyarakat bisa mengikuti pendidikan tidak terbatas usia, tidak terbatas waktu juga terbuka kesempatan untuk siapapun.

    Solusi-solusi program-program yang kami sajikan ini, memberikan manfaat untuk umat, untuk kita semua.
    .
    PKBM Program (Community Learning Activity Center) Daarut Tauhiid
    .
    Friends, apart from formal education, Daarut Tauhiid also has non-formal education. Namely the Community Learning Activity Center PKBM program we hold this non-formal education for all levels of society can attend education is not limited to age, unlimited time.

    Opportunities are also open to anyone. The program solutions that we present, provide benefits for the people, for all of us.

    _________

    Keep in touch us:
    Instagram:@daarut.tauhiid
    Youtube Channel: Daarut Tauhiid Official
    Fanpage: Daarut Tauhiid
    Twitter: Daarut Tauhiid
    _________
    #aagym #daaruttauhiid #pkbm #programpkbm #tauhiid #islam #dunia #semangatbaru #beramal #bersedekah #yukberamal #yukbersedekah #tauhiid #islam #dunia #rahmatanlilalamin #MenujuUmmatUnggulDalamKetaatan #MenujuUmmatUnggulDalamKepedulian #MenujuUmmatUnggulDalamKemandirian #karakterbaku #formal #nonformal #informal

  • Pengertian web hosting | PKBM RONAA EDUSETARA

    ( Read More)

    Penjelasan tentang Hosting, Website dan Domain

    Sumber video asli berasal dari Pusathosting.com

  • pelatihan mini office perkantoran paket c PKBM AT TAUBAH ROGOJAMPI

    ( Read More)

    semua pemeran adalah Warga Belajar Paket c PKBM AT TAUBAH ROGOJAMPI

  • Geografi Kelas XII: Konsep Wilayah dan Tata Ruang

    ( Read More)

    Ilmu geografi selalu berhubungan dengan keruangan atau lokasi tempat terjadinya fenomena. Biasanya, fenomena itu terjadi di suatu wilayah. Di video ini, Kak Afif bakal ngejelasin banyak hal tentang wilayah. Mulai dari definisi,, jenis hingga contohnya. Tonton yuk, videonya!

    ——————————

    Pengen masuk kampus impian, tapi belum pede dengan persiapan UTBK kamu? Pahamify membuat persiapan masuk kuliah kamu jadi lebih mudah dan terarah!

    Download sekarang di: rebrand.ly/download-pahamify-yt

    Lewat satu aplikasi, kamu akan mendapatkan :
    🎥 Video Belajar dengan Animasi dan Eksperimen Seru yang bisa di download
    Video belajar di Pahamify berisi animasi dan eksperimen langsung yang bikin seru, bikin kamu paham gimana penerapan konsep teori di dunia nyata. Dengan animasi dan eksperimen yang keren, kamu ga akan lupa teori ketika kamu menghadapi ujian. Video-nya juga bisa di-download, jadi kamu bisa buka berulang kali tanpa harus kehabisan kuota.

    📖 Rangkuman Materi Persiapan Ujian
    Biar kamu makin ingat konsep, Pahamify siapkan rangkuman yang simpel dan menarik, bikin kamu ingat lagi semua konsep yang sudah dipelajari

    📝 Ribuan Latihan Soal
    “Practice makes Perfect”. Biar kamu siap menghadapi ujian, Pahamify siapkan ribuan latihan soal agar kamu terbiasa menghadapi ujian baik UTS, PAS, dan Ujian Nasional SMA, IPA maupun IPS. Soal yang Pahamify buat bikin latihan jadi seru, cobain sendiri!

    🃏 Belajar asyik dengan Flashcard
    “Know your enemy and know yourself” - Sun Tzu.
    Metode Flashcard akan membantu kamu mengetahui di bagian mana konsep yang sudah kamu pahami, dan konsep mana yang kamu masih perlu pelajari lagi. Dengan metode ini, proses belajar kamu akan lebih efektif karena kamu bisa tau materi apa yang harus kamu prioritaskan.

    💬 Diskusi materi dengan pelajar lain di seluruh Indonesia
    Serunya berbagi dengan sesama pejuang UTBK se-Indonesia. Kamu bisa diskusi dan berbagi dengan sesama pelajar di Pahamify. Cara belajar yang efektif adalah mengajarkan, jadi semakin kamu sering berbagi, kamu sendiri akan semakin paham!

    👩‍🏫 Video Tips Cara Belajar dan Memilih Jurusan langsung dari Psikolog ahli
    Pahamify tau banget, belajar ga cuma tentang materinya, tapi sangat penting bagaimana cara dan psikologis belajar. Kamu bisa dapat tips belajar efektif, dan konsultasi dengan Ahli Psikologi dari Pahamify, untuk membantu kamu belajar, dan juga menentukan jurusan apa yang sebenarnya cocok dengan kamu.

    👕 Avatar keren yang bisa kamu kreasikan
    Sambil belajar kamu juga bisa berkreasi dengan bikin keren avatarmu di Pahamify. Wujudkan sosok pejuang UTBK yang siap menghadapi Final Boss nanti!

    🎓Try Out dan Rasionalisasi UTBK
    Pahamify akan terus menyiapkan dirim dengan Try Out dan Rasionalisasi UTBK secara rutin. Pahamify juga siapkan video pembahasan yang seru, analisa IRT (Item Response Theory) dan Rasionalisasi UTBK. Latih terus hasil belajar kamu dan ukur hasilnya agar kamu lebih siap untuk menghadapi ujian.

    Saat ini, lagi DISKON sampai dengan 50%!

    Download sekarang di: rebrand.ly/download-pahamify-yt

    #SBMPTN #pahamify #UTBKuy

  • CARA MENGERJAKAN UJIAN PENDIDIKAN KESETARAAN (UPK) PKBM DI APLIKASI SETARA DARING 2021

    ( Read More)

    #setaradaring
    #upkpkbm2021

    pkbmalfattah.com/
    facebook.com/pkbm.manonjaya/
    facebook.com/PKBMALFATTAHMANONJAYA
    facebook.com/Al-Fattah-STORE-100731408360112
    instagram.com/pkbmalfattah_official?r=nametag
    instagram.com/pkbmalfattahstore?r=nametag
    youtube.com/channel/UCVrZGc_RqnDgW9qnKgx87cA
    youtube.com/channel/UC7QxXSb_6E3qIBgLYr65AAw
    bukalapak.com/u/pkbmalfattahstore
    shopee.co.id/alfattahstore123?v=a64&smtt=0.0.3

    jazakallah khoiron katsiro 🙏🙏🙏

  • Video Tutorial Cara Menambahkan PLT Kepala Sekolah di Aplikasi Dapodik 2020

    ( Read More)

    Video Tutorial Cara Menambahkan PLT Kepala Sekolah di Aplikasi Dapodik 2020 sesuai dengan apliaksi dapodik dapodik 2020.b Patch 1.

    Pada Video Tutorial Cara Menambahkan PLT Kepala Sekolah di Aplikasi Dapodik 2020 langkah-langkah untuk menambahkan tugas tambahan PLT Kepala Sekolah adalah sebgai berikut :
    1. Buka Aplikasi Dapodik
    2. Pilih menu GTK
    3. Pilih Nama guru
    4. Pilih menu ubah pada baris atas
    5. Pilih menu tugas tambahan
    6. Klik tombol tambah dan pilih tugas tambahan PLT Kepala Sekolah
    7. Isi nomor SK dan kolom TMT
    8. Kolom TST diisi ketika guru sudah tidak menjawab PLT Kepala Sekolah
    9. Klik menu simpan dan sinkron aplikasi Dapodik

    Sebelum menambahkan tugas tambahan PTL Kepala sekolah, kepala sekolah yang lama harus nonaktifkan penugasannya, baik di mutasi atau purna tugas, jangan lupa mengisi kolom TST apabila kepala sekolah yang bersangkutan sudah purna tugas.

    Pada Video Tutorial Cara Menambahkan PLT Kepala Sekolah di Aplikasi Dapodik 2020

    Video Tutorial Cara Menambahkan PLT Kepala Sekolah di Aplikasi Dapodik 2020 yang bisa menambahkan tugas tambahan harus lewat akun guru yang bersangkutan.

    Semoga Video Tutorial Cara Menambahkan PLT Kepala Sekolah di Aplikasi Dapodik 2020 bisa bermanfaat dan dapat digunakan sebagai referensi bagi bapak/ibu dan teman-teman operator sekolah.

    Salam satu data
    #sobat_OPS

  • Observasi online PKBM | Private task

    ( Read More)

    Assalamualaikum,... Haii guysss .. 👋🏻

    Jadi di video ini ada gw dan temen2, untuk memenuhi salah satu tugas gw ttg pengelolaan Pendidikan non formal.. so kalian boleh kalo mau nonton.. Tapi kalo gak juga gak papa..

    Buat kalian jangan lupa like comment subscribe dan share ya..

    Terimakasih..
    __________________

    SUPPORT ME with LIKE and SUBSCRIBE, SO I CAN CREATE MORE CONTENT
    T h a n k s a ton!
    —————————————————————
    WELCOME TO MY YOUTUBE CHANNEL!
    Nama aku Sumiati. Aku orang palembang yang sedang menempuh pendidikan di Karawang. Channel ini akan membahas mengenai news update kampus aku, pendidikan, scholarship, opini, travel n etc. Terima kasih sudah mampir ke video aku. Jangan lupa subscribe, like, dan komen..

    𝙉𝙚𝙬 𝙫𝙞𝙙𝙚𝙤 𝙚𝙫𝙚𝙧𝙮𝙬𝙚𝙚𝙠!
    _____
    FOLLOW ME ON
    Instagram: instagram.com/sumiatisungk/
    Twitter: mobile.twitter.com/sumiatisungk
    Personal blog: sumiatisungk.blogspot.com/?m=1
    Podcast anchor.fm/sumiatisungk

    MY ONLINE SHOP
    shopee.co.id/zasriq.id/

    And ask me anything on ask.fm/sumiati4687l?utm_source=copy_link&utm_medium=iOS&shareBy=

    #Belajar #KegiatanPembelajaran #NonformalEducation #Education

  • Yayasan - Di mana posisi pendiri yayasan setelah yayasan berdiri

    ( Read More)

    Pendiri yayasan adalah hal penting dari proses pendirian yayasan. Tapi tidak jarang polemik atau sengketa yayasan justru bersumber dari para pendiri ayayasan.
    Di manakah posisi para pendiri yayasan setelah yayasan didirikan? video ini mengupas tentang keberadaan para pendiri yayasan menurut undang-undang yayasan.

    Bersama:
    Ahmad Jabir
    Trainer SURePLUS Training
    Wakil Ketua Badan Legislasi Daerah (BALEGDA) Jawa Timur
    Masa bakti 2009-2011.

    #yayasan
    #pendiriyayasan
    #pembinayayasan
    #pengurusyayasan

  • AUDIENSI FK-PKBM JABAR DENGAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT

    ( Read More)

    Gubernur Jawa Barat Delegasikan kabag yandas Saat beraudiensi dengan Forum PKBM Jawa Barat

    Bandung, Ketua FK-PKBM Jawa Barat Nana Suryana,M.Pd Maksud kedatangan Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK-PKBM Jawa Barat) ini guna menyampaikan bagaimana Pendidikan Non Formal/Pendidikan Masyarakat di Jawa Barat ini memberikan dukungan moril terhadap visi-misi maupun program kerja Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam pelayanan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Jawa Barat, dimana PKBM Jawa Barat merupakan PKBM terbanyak di Indonesia dengan Jumlah PKBM 1.812 lembaga sesuai dengan data pokok pendidikan nasional ( _Sumber_: https//referensi.data.kemdikbud.go.id/index31.php)

    Dalam kesempatan itu, Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Jawa Barat menyampaikan peranan PKBM dalam berpartisipasi membangun daerah, bagaimana melayani masyarakat putus sekolah, Keberaksaraan, mengangkat potensi lokal melalui produk lokal Jawa barat, memberdayakan masyarakat melalui Keterampilan, Pelatihan dan sinergitas dengan lembaga lain seperti pondok pesantren, UMKM dan yang lainya.

    Diharapkan juga Kehadiran Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sesuai Amanat UUD 1945 dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, yang selama ini belum ada Perhatiannya terhadap Pendidikan Masyarakat bahkan didalam program Jabar masaghi tidak tersentuh padahal Pendidikan adalah syarat mutlak dan dilindungi oleh negara sebagaimana yang tercantum dalam Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal 31 ayat 1 yang berbunyi setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Dari kalimat ini, sangat jelas menyebutkan seberapa pentingnya arti sebuah pendidikan itu. Banyak ragam dan jenis dari pendidikan itu, dan minimal dari kita secara perseorangan harus memiliki pengetahuan tentang 3 (tiga) jalur sistem pendidikan yang dapat ditempuh untuk bisa tetap memperoleh pendidikan agar kita bertahan dan bersaing dalam perkembangan zaman dan generasi saat ini. dalam pasal 1 (satu) ayat 7 (tujuh) Undang –Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang dimaksud dengan jalur pendidikan adalah wahana yang dilalui peserta didik untuk mengembangkan potensi diri dalam suatu proses pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan.

    *Terus Apasih Pendidikan Nonformal / Pendidikan Masyarakat????*

    Pendidikan non formal / Pendidikan Masyarakat adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan, Pendidikan nonformal diselenggarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat dalam pengelolaan dan peningkatan mutu pendidikan nonformal itu sendiri.

    Audiensi ini dihadiri oleh Pengurus FK-PKBM Jawa Barat dan keterwakilan Pengurus DPD PKBM Kabupaten / Kota di Jawa Barat yang berlokasi digedung Sate Setda A Ruang Galunggung

    Dalam Kesempatan Audien Gubernur tidak bisa hadir dan mendelegasikan dan diterima Oleh DR. JATTI Indriati, SH, M.Si (selaku kabag yandas beserta jajaran)

    Hasil audiens dengan kabag yandas beserta jajaran ini menghasilkan :

    1. Adanya Regulasi berkenaan dengan Pendidikan non formal di Jawa Barat

    2. Tidak ada dikotomi perlakuan terhadap Pendidikan baik, formal maupun non formal

    3. Sinergis dan Koordinasi terkait regulasi dan kebijakan pendidikan non formal antara Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kabupaten/Kota

  • PKBM STANDAR 3

    ( Read More)