Pengertian Pendidikan Multikultural Secara Umum

Pengertian pendidikan multikultural pastinya anda tahu bahwa pendidikan multikultural berasal dari gabungan dua kata, yaitu pendidikan dan multikultural. Secara umum, pendidikan multikultural merupakan salah satu program pendidikan yang di dalamnya ingin mengusung ideologi atau prinsip untuk memahami, menghormati, dan saling menghargai. Pengertian pendidikan multikultural menunjukkan adanya keragaman dalam pengertian istilah tersebut. Artikel ini akan membahas tentang pengertian, prinsip, tujuan, dan relevansi pendidikan multikultural dengan tujuan pendidikan islam. Pengertian pendidikan multikultural akar kata multikulturalisme adalah kebudayaan. Pendidikan multikultural adalah sebuah tawaran model pendidikan yang mengusung ideologi yang memahami, menghormati, dan menghargai harkat dan martabat manusia di manapun dia berada dan dari manapun datangnya (secara ekonomi, sosial, budaya, etnis, bahasa, keyakinan, atau agama, dan negara).

Pengertian “multikultural” secara luas mencakup pengalaman yang membentuk persepsi umum terhadap usia, gender, agama, status sosial ekonomi, jenis identitas budaya, bahasa, ras, dan berkebutuhan khusus. Secara umum, kata “multi” berarti. (dalam machfud 2016:175) yakni “pendidikan multikultural sebagai pendidikan untuk people of color. ” artinya, pendidikan multikultural ingin mengeksplorasi perbedaan sebagai anugrah dari tuhan. Kemudian menumbuhkan pemahaman seseorang dalam mensikapi perbedaan tersebut dengan penuh toleran “ multicultural education is a school ” 8. Lebih lengkapnya, ainur rofiq dawam memaknai pendidikan multikultural sebagai proses pengembangan seluruh potensi manusia yang menghargai pluralitas dan heterogenitasnya sebagai konsekuensi keragaman budaya, etnis, suku, dan aliran (agama). Pengertian jurnal umum dan fungsinya pengertian pendidikan multikultural menurut prudence crandall. Ainurrofiq dawam mengatakan, pendidikan multikultural adalah proses pengembangan seluruh potensi manusia. Pengertian pendidikan multikultural secara etimologi, istilah pendidikan multikultural berasal dari dua kata, yaitu: Keadilan terpenuhi sesudah terbentuk keadilan secara umum, yaitu semua orang mendapatkan haknya dan semua orang mendapatkan sama dari bagian aset yang dimiliki.

Baca Juga :

Video Tentang Pengertian Pendidikan Multikultural Secara Umum

Kami berusaha menampilkan informasi mengenai Pengertian Pendidikan Multikultural Secara Umum secara lengkap, dari berbagai sumber di internet. Pembahasan artikel di atas Kami sampaikan inti-intinya saja, bisa dikatakan sebagai kesimpulannya. Untuk melengkapinya, berikut ini ada beberapa video yang menjelaskan secara lengkap seputar Pengertian Pendidikan Multikultural Secara Umum. Silakan disimak.

  • BAB 1. Memahami Pendidikan Multikultural

    ( Read More)

    Pengantar dan Pertemuan ke-1 dan ke-2 Kuliah Pendidikan Multikultural:
    1. Konsep Multikulturalisme
    2. Pengertian Pendidikan Multikultural

  • Prinsip Pendidikan Multikultural dalam praktek pendidikan di Indonesia

    ( Read More)

    Nama : Hilman Syihabuddin
    Nim : 1906237
    Prodi : Pendidikan Sosiologi

  • Kelompok 9 Konsep dan Hakikat Dasar Pendidikan Multikultural || Kelas B9 PGSD Semester 6 🎖️

    ( Read More)

    PEMATERI PERTAMA : OCTAVIANA NOVIA DWI PUTRI
    PEMATERI KEDUA : HERAWATI
    PEMATERI KETIGA : THERESIA EDELIANA LINDA
    KELAS B9 PGSD SEMESTER 6
    MATER "KONSEP DAN HAKIKAT DASAR MULTIKULTURAL"

  • Konsep Dasar Pendidikan Multikultural-Pertemuan Ke-3

    ( Read More)

    Materi kedua pada pertemuan ketiga di semester V PAI, FTIK IAIN Tulungagung. Selamat Belajar.

    Musik By: OGS BAND & Maestro Biola HENDRI LAMIRIhttps:// youtube.com/watch?v=yfgDD8f7gxU

  • Pendekatan dan Prinsip Pendidikan Multikultural

    ( Read More)

    Tugas PJJ Multikultural Angkatan 4 Kelompok 1

  • POLITIK DAN ETIKA PENDIDIKAN ISLAM, Pendidikan Multikultural

    ( Read More)

    Pendidikan multicultural mendefinisikan orang terpelajar sejati sebagai orang yang mengakui kebudayaanya sendiri sebagai salah satu dari banyak kebudayaan, yang menggunakan pengetahuannya tentang masyarakat dan kebudayaan lain untuk memahami dirinya sendiri secara lebih baik, yang belajar menilai persepektif-persepektif kultural yang plural dan mengintegrasikannya terhadap persepektif kulturalnya sendiri, dan yang tidak hanya mentoleransi bahkan memahami, menghargai, mengapresiasi, kebudayaan-kebuyaannya lain sekaligus kebudayaannya sendiri. Dalam implementainya, sebagai sebuah konsep, multukultural tertentu harus dituagkan ke dalam system kurikulum pendidikan agar applicable. Merunjuk pada pengalaman di sejumlah Negara, pendidikan multicultural secara umum digunakan metode dan pendekatan (method and approaches) yang beragam. Pendidikan multicultural yang memperhatikan secara sungguh-sungguh terhadap latar belakang peserta didik, baik dari aspek keragaman suku (etos), ras, agama (aliran kepercayaan dan budaya kultur). Pendidikan multicultural didefinisikan sebagai pendidikn untuk atau tentang keragaman kebudayaan, dalam merespon perubahan demografi dan kultur lingkungan masyarakat tertentu, atau bahkan demi secara keseluruhan (Mashadi, 2009:48).
    Multiculturalisme adalah proses penanaman cara hidup menghormati, tulus, dan toleran terhadap keanekaragaman budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat. (Musa Asy’arie, 2004). Multikulturalisme secara sederhana dapat dikatakan sebagai pengajuan atas pluralisme budaya. Pluralisme budaya merupakan suatu proses internalisasi nilai-nilai di dalam suatu komunikasi.
    Pendidikan multikultural, sebagaimana dilontarkan melalui peroses diskursus kependidikan selama kurun waktu lima tahun terakhir ini di Indonesia, tampaknya para pemerhati pendidikan mengharapkan pengenbangan fokus dan/atau pengayaan Pendidikan nilai yang lebih memberikan penghormatan kepada hak hak seluruh warga negara, dengan tidak membedakan ras, agama, suku, budaya, warna kulit, dan tanpa mengurangi hak haknya itu termasuk untuk kelompok minoritas yang mungkin tidak terwakili dalam lembaga lembaga pemerintahan, apakah lembaga legislatif, ataupun lembaga birokrasi pemerintahan.
    Oleh karena itu penulis memberi keseimpulan mengenai pendidikan multicultural refleksi kebhinekaan di Indonesia, seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasannya nega Indonesia adalah Negara yang beranekaragam suku, bangsa, ras, bahasa, adat istiadat , agama, dan budaya, dengan adanya berbagai macam keanekaragaman ini sebagai warga negara republic Indonesia hedaknya mempunyai nilai-nilai yang harus disandang diantaranya mempunyai nilai etika dan moral yang baik, toleransi, menghormati, kerjasama antar sesama, saling mengharagai perbedaan antar sesama, kerukunan hidup antar warga atau antar sesama, dan mempunyai kemauan untuk bersatu, agar Negara Republik Indonesia menjadi Negara yang damai, saling menghormati berbagai keanekaraman yang sudah ada di Negara Indonesia itu sendiri. Al-Qur’an sendiri mengisyaratkan demikian. Dalam surat Al-Hujarat ayat 13 disebutkan “Hai manusia sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesunguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” Kekayaan multicultural yang dimiliki Indonesia di satu sisi adalah anugrah.

  • PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

    ( Read More)

    Narasumber : DENI SURYANTO, M.Pd

    Institut Tafaqquh Fiddin Dumai
    Website : iaitfdumai.ac.id
    Pendaftaran Mahasiswa Baru pmb.iaitfdumai.ac.id
    facebook.com/tafidu.televisi/
    Playstore : play.google.com/store/apps/dev?id=5301992669763165709

    Copyright © 2021

  • KARAKTERISTIK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

    ( Read More)

  • Video Perkuliahan Materi Pendidikan Multikultural

    ( Read More)

    Video ini merupakan video perkuliahan untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta dalam mata kuliah Sosiologi Pendidikan, oleh Sasiana Gilar Apriantika

  • Problematika Pendidikan Multikultural di Indonesia

    ( Read More)

  • Pendekatan terhadap Pendidikan Multikultural - Menjadi Generasi Muda Berwawasan Unggul

    ( Read More)

    Nama : Ilma Kesumaningsih
    NIM : 1900657
    Fakultas : FPIS, UPI

    Sumber Video :
    youtu.be/W0Hq9d4sXoQ
    youtu.be/rNxFuvV_Ejw

  • Filosofi Pendidikan dari Ki Hajar Dewantara (Pelajaran yang Gak Diajarin di Sekolah)

    ( Read More)

    Di video ini, Satu Persen bakal ngebahas tentang filosofi pendidikan dari Tokoh Nasional Ki Hajar Dewantara! Yuk, simak sampai habis!

    Untuk kamu yang sudah menonton video ini dan tertarik untuk nyobain tes psikologi gratis, baca blog pengembangan diri, webinar, atau mentoring bareng Mentor Satu Persen, silakan klik link di bawah ya: ​

    ini linknya: satu.bio/kihajardewantara

    Khusus video ini, Satu Persen memberikan potongan harga dengan kode khusus dengan memasukan kode promo "BERKAH" untuk pembelian layanan-layanan Satu Persen.
    ━━━━━━━━━━━━━━
    APA ITU SATU PERSEN?
    ▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀
    Satu Persen adalah startup pendidikan Indonesia yang fokus pada kesehatan mental, pengembangan diri, dan edukasi life-skills.
    Satu Persen memiliki layanan 1) Konsultasi dengan Mentor, 2) Konseling dengan Psikolog. 3) Webinar, dan 4) Kelas Online dan Layanan lainnya. Untuk info lebih lanjut tentang layanan satu persen, kamu bisa akses satu.bio/websatupersen

    Customer Service: wa.me/6285158871220?text=Halo%20Satu%20Persen!
    ━━━━━━━━━━━━━━
    BUSINESS INQUIRIES
    ▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀
    E-Mail: [email protected]
    E-Mail for Partnership: [email protected]
    ━━━━━━━━━━━━━━
    PLAYLIST SATU PERSEN
    ▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀
    Untuk melihat video-video yang serupa, kamu bisa meng-klik:
    bit.ly/playlist-filsafat​
    ━━━━━━━━━━━━━━
    TIM PENYUSUN VIDEO
    ▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀
    Script: Rizky Andriawan
    Audio Editor: Ananda Luchiano
    Video Editor: Adi Rachman
    Presenter: Rizky Andriawan
    Poster Illustrator: Muhamad Sulton Wahyudi
    Poster Designer: Ryno Andryano
    ━━━━━━━━━━━━━━
    Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe ya!
    Satu Persen
    Lebih Baik Setiap Harinya
    #SatuPersen​ #HidupSeutuhnya #KiHajarDewantara #FungsiSekolah #KenapaKitaSekolah #Sekolah #Filsafat #Pendidikan #Sekolah #Hidup #Tokoh #Filosofi​ #Overthinking​ #SemangatHidup​ #VideoMotivasi​ #KesehatanMental​ #Mindset​ #Produktif #filsafat #Socrates #TujuanHidup #KataMotivasi #BerpikirKritis #HidupTenang

  • WEBINAR PENDIDIKAN PEDAGOGI KEBINEKAAN: Menguji Pendidikan Multikultural di Indonesia

    ( Read More)

    Semua orang, pada dasarnya, memiliki pengalaman dengan keberagaman. Pada tataran lebih kecil, seperti keluarga, hingga tataran lebih besar, seperti negara, orang mungkin berhadapan dengan pandangan berlainan. Namun demikian, kemampuan untuk menghargai perbedaan dan mendialogkannya satu sama lain jelas membutuhkan suatu pembiasaan.
    Dalam masyarakat kontemporer, pendidikan formal memiliki peran penting untuk meningkatkan kemampuan bernalar. Penalaran ini layak untuk dimaknai tidak sekadar sebagai penguasaan atas pengetahuan teknis, tetapi juga kemampuan untuk menimbang rasa adil. Kedua jenis pengetahuan membantu kita untuk mampu hidup berdampingan.
    Pengalaman Indonesia sebagai suatu negara bineka mengajarkan bahwa pemahaman silang nyaris merupakan suatu proses belajar seumur hidup. Kemampuan sosial semacam itu dapat ditempa di alam sekolah maupun non-sekolah, dan menuntut suatu sensitivitas timbal-balik tentang kehadiran yang lain sebagai yang patut untuk dipedulikan.
    Diskusi daring pedagogi kebinekaan ini dimaksudkan tidak hanya untuk memahami integrasi prinsip-prinsip masyarakat yang adil dalam muatan pendidikan, tetapi juga sebagai ajang berbagi pengalaman praktis daerah berlainan dalam mengembangkan pendidikan berbasis multikultural. Perpaduan keduanya diharapkan bertemu catatan-catatan kritis tentang pedagogi kebinekaan.

    EBINAR PENDIDIKAN
    Pedagogi Kebinekaan: Menguji Pendidikan Multikultural di Indonesia
    Agus Mohammad Solihin, SE., M.Pd., Koordinator Kajian Konten Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dr. Lucia Ratih Kusumadewi
    , Dosen Sosiologi Pendidikan, Departemen Sosiologi, FISIP, Universitas Indonesia, dan Ai Nurhidayat
    , Ketua Yayasan Darma Bakti Karya dan Inisiator Kelas Multikultural, akan tampil sebagai pembicara. Diskusi akan dipandu oleh Neneng Nurjanah
    , M.Hum., Pengajar di FITK UIN Jakarta dan Associate Researcher PSIK Indonesia.
    Webinar akan digelar pada Selasa, 13 Oktober 2020, pukul 15.30-17.30

  • Multikulturalisme | Mata Kuliah Sosiologi Pendidikan |

    ( Read More)

    Pada video ini kamu bisa menyimak informasi tentang materi multikulturalisme untuk mata kuliah sosiologi pendidikan
    #Multikulturalisme
    #SosiologiPendidikan
    #STKIP-PIMakassar

    mata kuliah sosiologi pendidikan
    stkip pembangunan indonesia makassar
    murlikultural
    multikulturalisme di indonesia
    multikulturalisme dan pluralisme
    multikultural
    multikulturalisme singkawang
    multikulturalisme adalah

  • Pendidikan Multikultural

    ( Read More)

    Era Digital dan Tantangan Multikultural di Indonesia

    Anggota Kelompok 11:
    1. Nur'Aini Zahro
    2. Aisyah Nu'ma Nabila 1900031346
    3. Nuraini Karim Damanik 1900031356
    4. Al A'Raaf Wira Adli 1900031362
    5. Indah Kusumaningtyas 1900031365

    Era digital menjadi sebuah tantangan dalam pendidikan multikultural di karenakan setiap orang bebas melontarkan komentar bahkan ada komentar yang berbau rasis pada media sosial sehingga banyak orang yang merasa berani dengan beberapa maksud seperti ingin popular, viral dengan cara melakukan hal yang tidak sepantasnya, tindakan rasis sangat di tentang di negri ini dan terlebih lagi dalam agama Islam. Walaupun sebelumnya pernah terjadinya konflik di daerah tertentu yang juga menjadikan tugas dalam pendidikan multikultur untuk memberikan pemahaman akan yang namanya indahnya bertoleransi ,akan tetapi pada saat ini mungkin tantangan pada pendidikan multikultural harus lebih intensif di sebab kan era digital yang berpotensi menjadikan rasis lebih mudah terjadi karena akses media sosial yang dapat di akses setiap orang.

    Pendidikan multikultular di era digital berfungsi untuk menerapkan konsep pemanfaatan keberagaman etis, budaya, suku, ras dan lain sebagainya. Dalam konteks Indonesia Pendidikan multikultular perlu ditanamkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, didalam Pendidikan seharusnya peserta didik mampu mengembangangkan multikultular- oriented yang mengedepankan sebuah keadilan dan budaya. Pendidikan multikultular dapat dirumuskan sebagai wujud kesadaran tentang keanekaragaman kultular, hak- hak asasi manusia serta mewujudkan kehidupan masyrakat yang adil dan maju. Pendidikan multikultularisme menekan pada filosofi pluralisme budaya ke dalam system Pendidikan yang di dasarkan pada prisnip menghormati dan menerima serta memahami moral keadaan sosial.

  • Sosiologi Pendidikan - Pendidikan Berbasis Multikultural

    ( Read More)

    Pendidikan Berbasis Multikultural ini bertujuan sebagai penyerahan tugas dari kelompok 6 pada Mata kuliah Sosiologi Pendidikan dimana terdapat 3 materi yang berkaitan yaitu: Konsep dasar pendidikan berbasis multikultural, Urgensi pendidikan multikultural serta Sekolah berbasis multikultural.

  • TEORI TEORI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL || LUKMAN SIHABUDI

    ( Read More)

    Kemunculan gagasan dan kesadaran interkulturalisme ini selain terkait dengan perkembangan politik internasional menyangkut HAM, kemerdekaan dari kolonialisme, diskriminasi rasial, dan lain-lain, juga karena meningkatnya pluralitas di negara-negara Barat sendiri sebagai akibat dari peningkatan migrasi dari negara-negara baru merdeka ke Amerika dan Eropa. Pendidikan multikultural sebenarnya merupakan sikap peduli dan mau mengerti (difference) atau politics of recognition politik pengakuan terhadap orang-orang dari kelompok minoritas. Pendidikan multikultural melihat masyarakat secara lebih luas.

    Jangan Lupa Subscribe,like,Coment and share ya supaya Chanel aku makin berkembang

    Terimakasih

    Instagram instagram.com/p/CHJxwRKn4Pb/?igshid=z7amwqmz350p

  • Pendidikan Multikultural

    ( Read More)

    Tugas Akhir Mata Kuliah Wawasan Budaya
    Kelompok 8
    Pemateri : Jalesman Panjaitan (441420023)
    Prodi : Pendidikan Kimia
    Kelas : A
    Angkatan : 2020/2021
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

  • Apa itu Masyakarat Multikultural - Fakta Menarik

    ( Read More)

    Apa itu Masyakarat Multikultural? - Fakta Menarik

    Pernah mendengar apa itu masyarakat multikultural? Kita cari tahu arti dan fakta menarik dari masyarakat multikultural yuk!
    ------------------------------------------------------------------
    SUBSCRIBE CHANNEL MAJALAH BOBO YUK! GRATIS!
    KLIK bit.ly/SUBSCRIBE-MajalahBOBO

    gridnetwork.id/
    Kunjungi Website Anak Indonesia : bobo.grid.id/ & kids.grid.id/

    CHANNEL Majalah Bobo berisi tentang Cerita DONGENG ANAK Indonesia - KREATIF Tutorial Cara membuat mainan anak - PENGETAHUAN fakta unik dan seru - Jalan-Jalan keliling INDONESIA – Dongeng PETUALANGAN OKI DAN NIRMALA – Dongeng BONA AND FRIENDS - INFO BOBO Liputan dari BOBO – PLAYGROUND Video lucu dan mendidik untuk adik-adikmu – KIDS ZONE Unboxing Toys & Movie REVIEWS – PARENTS AREA Video untuk Papa Mama.

    Facebook page: majalah bobo ( facebook.com/Page.Majalah...)
    Twitter : @majalah_bobo ( twitter.com/majalah_bobo)
    Instagram: @majalah_bobo ( instagram.com/majalah_bobo/ )
    WhatsApp/ SMS : 0811-984-8080
    E-mail : [email protected]
    ------------------------------------------------------------------
    Apa itu Masyakarat Multikultural?

    KUNJUNGI - PLAYLIST CHANNEL :

    DONGENG ANAK INDONESIA - FAIRY TALES: bit.ly/video_dongeng
    DONGENG ANAK - PETUALANGAN OKI DAN NIRMALA: bit.ly/Petuangan_okinirmala
    DONGENG ANAK- BONA AND FRIENDS: bit.ly/bona_friends
    KREATIF - TUTORIAL - CARA MEMBUAT- DIY: bit.ly/kreatif_tutorial
    KIDS ZONE - UNBOXING - TOYS & MOVIE REVIEWS: bit.ly/kids_zone_review
    ILMU PENGETAHUAN-FAKTA UNIK: bit.ly/fakta_unik
    INFO BOBO - JALAN-JALAN – INDONESIAKU: bit.ly/info_bobo
    PLAYGROUND - LAGU ANAK INDONESIA: bit.ly/bobo_playground
    PARENT AREA - RUANG PAPA & MAMA: bit.ly/parents_area
    -------------------------------------------------------------------
    LIKE, COMMENT, SHARE & SUBSCRIBE YUK!
    ------------------------------------------------------------------

    Redaksi Channel Video Bobo

    Produser: David Togatorop
    Editor: Sigit Purnomo, Iveta Rahmalia
    Penulis Naskah: Iveta Rahmalia, Sarah Nafisah, Angela Ribkah
    Videografer: Glent Bonefasio, Inggar Rivaldi
    Video Editor: Glent Bonefasio, Inggar Rivaldi, Dyta Alifa Salsabila, Vinnie Januarty Wongso, Deborah Indriati Sugiarto, Stella Natania
    Animator: Muthia Mafhumah, Isabel Jennifer Suryawijaya, Adrian Vinny
    Tim Media Sosial: Sepdian Anindyajati

    Apa itu Masyakarat Multikultural?

    #DiRumahBersamaBobo #DiRumahAja #GridNetworkJuara