Pengertian Moral Menurut Kbbi

Menurut kamus besar bahasa indonesia (kbbi), intervensi adalah campur tangan dalam perselisihan yang terjadi antara dua pihak (golongan, orang bahkan negara) yang bertujuan untuk dapat mewujudkan tujuan tertentu terhadap pihak yang diinterferensi. Pengertian moral menurut para ahli. Manusia yang tidak memiliki apa yang disebut moral yang amoral dan tidak bermoral berarti ia tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya. Berasal dari bahasa latin mos bermakna kebiasaan, menurut kbbi mempunyai dua makna pertama ajaran tentang baik buruk yang diterima umum, kedua, kondisi mental seseorang yang membuat seseorang melakukan suatu perbuatan. Berupa akhlak, budi pekerti, atau susila,” dijelaskan dalam kamus besar bahasa indonesia (kbbi). Selain itu, pengertian moral adalah sama dengan etika.

Pengertian moral menurut kbbi (kamus besar bahasa indonesia) bisa diartikan sebagai berikut, (ajaran tentang) baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dan sebagainya; Pengertian moral menurut para ahli selain pengertian moral secara umum, etimologi dan menurut kbbi para ahli dan pakar memiliki pandangan dan. Arti kata moral menurut kbbi. Arti kata, ejaan, dan contoh penggunaan kata moral menurut kamus besar bahasa indonesia (kbbi). Berikut ini makna dan tulisan kata moral yang benar: Mo·ral n 1 (ajaran tt) baik buruk yg diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dsb; Pengertian moral menurut kbbi. Pengertian moral menurut kamus besar bahasa indonesia (kbbi) bisa diartikan sebagai: Ajaran tentang baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dan sebagainya; Definisi/arti kata 'moral' di kamus besar bahasa indonesia (kbbi) adalah n 1 (ajaran tentang) baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban.

Baca Juga :

Video Tentang Pengertian Moral Menurut Kbbi

Kami berusaha menampilkan informasi mengenai Pengertian Moral Menurut Kbbi secara lengkap, dari berbagai sumber di internet. Pembahasan artikel di atas Kami sampaikan inti-intinya saja, bisa dikatakan sebagai kesimpulannya. Untuk melengkapinya, berikut ini ada beberapa video yang menjelaskan secara lengkap seputar Pengertian Moral Menurut Kbbi. Silakan disimak.

  • Definisi Etika, Moral dan Moralitas

    ( Read More)

    Video ini merupakan video pembelajaran tentang bahasan "Definisi Etika, Moral dan Moralitas" dalam Mata Kuliah Etika Profesi Psikologi.

  • KATA-KATA GAUL ATAU CAKAPAN YANG ADA DI KBBI

    ( Read More)

    TERNYATA DALAM KBBI TIDAK HANYA MEMUAT KATA-KATA YANG BAKU SAJA TAPI JUGA KATA-KATA "GAUL" ATAU KATA-KATA YANG DIUCAPKAN PADA PERCAKAPAN SEHARI-HARI DALAM TONGKRONGAN. APA SAJA KATA-KATA "GAUL" YANG ADA DALAM KBBI ? PENJELASANNYA ADA DIVIDEO INI !!!!

  • Ada orang ketiga di antara Mora Petir!! Abi dan Icha sampai berantem! - KBBI #1

    ( Read More)

    KBBI- KUY BERBINCANG BARENG INGOLD

    Kali ini bintang tamu yang jadi sasaran untuk kita ulik kisah-kisah mereka di balik layar ada Mora Petir dan Abi - Icha.

    Seru banget ternyata banyak cerita yang lebih berwarna dari mereka ya. Mulai dari sebelum bergabung dengan InGold Creative hingga Cinta Lokasi xixixixi.

    Jadi kalian pengen kita ulik siapa lagi di acara KBBI berikutnya ??!!!

    find us on:
    TikTok : vt.tiktok.com/ZSdDXBqwa/
    Instagram: instagram.com/ingold.creative?igshid=YmMyMTA2M2Y=

    Contact person : [email protected]

  • BELAJAR ISTILAH ILMU PSIKOLOGI DARI KBBI (bagian kedua) ! ADA ISTILAH INI TERNYATA !

    ( Read More)

    Istilah dalam Ilmu Psikologi yang ada di KBBI

  • Baby hamil! sampai buka-bukaan soal kehidupan pribadi! - Q & A with Baby Ocha

    ( Read More)

    Hai, akhirnya aku bikin QnA dari banyak question kalian ke aku! mulai dari pertanyaan pribadi, karir, keluarga sampai random! seru banget karena berasa curhat ke kalian! Thankyou sobat online Baby atas dukungannya selama ini!!. Baby bukan apa-apa tanpa kalian.ga video ini menjawab yaa! dan hopefully you all can enjoy my video !

    Follow:
    Instagram: instagram.com/mybabyocha?utm_medium=copy_link
    Tiktok: vt.tiktok.com/ZSeMoxwUw/
    SnackVideo: sck.io/u/tcpXcBOX
    Contact person : [email protected]

  • SERING KELUAR! TES VERBAL SINONIM DAN PEMBAHASANNYA MENURUT KBBI (PSIKOTES, BUMN, BUMD, CPNS)

    ( Read More)

    TES VERBAL SINONIM DAN PEMBAHASANNYA MENURUT KBBI
    Tes sinonim adalah bentuk bahasa yang dapat berupa kata atau frasa yang memiliki arti/makna yang sama. Tes sinonim bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbahasa seseorang, sebagai dasar untuk mengetahui intelegensi. Arti singkatnya bahwa sinonim adalah Persamaan Kata.

    📌 SUBSCRIBE FOR MORE VIDEO: youtube.com/c/VinnyAlvii

    📍Thank you for watching and see you in my next video💕💕

    #sinonim #persamaankata #psikotes #verbal #tkdbumn #tesverbal #antonim #analogi #psikotes #teskerja #tpa #testpotensiakademik #verbal #vinnyalvii #TIUCPNS #KemampuanVerbalAnalogi #soalcpns #TPA2

    📌 More Tags:
    tes psikotes, psikotes, tes sinonim dan antonim, soal psikotes kerja dan jawabannya, sinonim lawan kata, psikotes sinonim dan antonim, psikotes persamaan kata, soal sinonim dan antonim, contoh soal sinonim dan antonim, sinonim antonim, tes antonim dan sinonim, persamaan kata, contoh soal psikotes dan jawabannya, antonim, sinonim, tes sinonim dan antonim polri, tes sinonim dan antonim psikotes, tes sinonim dan antonim, tes psikologi sinonim, tes verbal sinonim antonim, tes sinonim antonim psikotes, soal tes sinonim, contoh tes sinonim antonim, sinonim dan antonim yang sering keluar tes cpns, sinonim antonim tes psikotes 2022, cara mengerjakan tes sinonim, tes kerja sinonim antonim, tes psikotes kerja sinonim, tes antonim dan sinonim tni, tes kemampuan verbal, tes verbal, psikotes kemampuan verbal, analogi sinonim antonim, tes analogi sinonim antonim, tes analogi, tes sinonim, tes antonim, psikotes online, psikotes kerja online, analogi sinonim antonim psikotes, sinonim antonim psikotes, kemampuan verbal psikotes, LATIHAN SOAL TES KEMAMPUAN VERBAL SINONIM DAN PEMBAHASANNYA MENURUT KBBI

  • KATA-KATA YANG TIDAK DIANJURKAN SEBAGAI NAMA ANAK ! ARTINYA KURANG BAIK DALAM KBBI (BAGIAN 1)

    ( Read More)

    Jika kalian sedang dalam tahap binggung dalam memilih nama anak, nah ini ada sedikit rekomendasi untuk kata-kata yang sebaiknya TIDAK dijadikan nama anak, karena artinya kurang baik berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia. apa aja ? ini dia penjelasannya

  • Cara menggunakan KBBI V untuk mencari kata yang diragukan kebakuannya

    ( Read More)

    Ragu kata yang kamu gunakan baku atau tidak?
    Cek aja di KBBI V. Bisa didownload gratis di play store.
    Terima kasih

  • Pengertian pendidikan Menurut KBBI dan Undang-undang.....

    ( Read More)

    untuk memenuhi tugas Mata kuliah ICT...
    bila ada kekurangan dan kesalahan Mohon maaf🙏😊

  • PERTAMA KALI Petir Mora dan Abi Icha duel otak!!! - TRENDING #GAMES #INGOLDCREATIVE

    ( Read More)

    TRENDING-TANDING BARENG DI INGOLD

    Kali ini kita bakal main uji kepintaran dan kekompakan Petir-Mora dan Abi-Icha.

    Seru banget ternyata ada yang beneran kompak dan ada yang lemot banget di InGold Creative hahaha

    Gimana menurut kalian siapa lagi yang kita ajak main di TRENDING selanjutnya???

    find us on:
    TikTok : vt.tiktok.com/ZSdDXBqwa/
    Instagram: instagram.com/ingold.creative...
    Contact person : [email protected]

  • Moral dan Etika

    ( Read More)

    Kata moral berasal dari bahasa Latin mos (jamak: mores) yang berarti kebiasaan, adat. Jadi moral adalah menyangkut baik buruknya manusia sebagai manusia. Sedangkan moralitas dapat diartikan sikap hati orang yang terungkap dalam tindakan lahiriah. Atau sebagai keseluruhan norma-norma, nilai-nilai dan sikap moral seseorang atau sebuah masyarakat, atau sistem nilai tentang bagaimana kita harus hidup secara baik sebagai manusia. Nilai moral adalah suatu kebaikan manusia sebagai manusia. Sedangkan norma moral adalah tolok ukur untuk menentukan betul salahnya sikap dan tindakan manusia dilihat dari segi baik buruknya sebagai manusia dan bukan sebagai pelaku peran tertentu dan terbatas. Istilah etika berasal dari bahasa Yunani kuno, ethos dalam bentuk tunggal mempunyai banyak arti: kebiasaan, adat, akhlak, watak, perasaan, sikap dan cara berpikir. cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Secara etimologi, kata etika sama dengan kata moral, karena keduanya berasal dari kata yang berarti adat kebiasaan. Hanya bahasanya yang berbeda, namun bila dipahami dalam kamus keduanya terdapat perbedaan, karena etika lebih bersifat ilmu atau filsafat moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. Dalam bentuk jamak (ta etha) artinya adalah adat kebiasaan. Istilah terakhir ini dijadikan filsafat moral oleh Aristoteles, yakni menjadi sebagai ilmu tentang adat kebiasaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi 1998, mengartikan etika sebagai:
    a. Nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi sesorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.
    b. Kumpulan asas atau nilai moral (kode etik)
    c. Ilmu tentang yang baik atau buruk.

    #Moral
    #Etika

  • Serba-serbi Notulen: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Susunan

    ( Read More)

    KOMPAS.TV - Notulen atau notula menurut KBBI adalah catatan singkat mengenai jalannya persidangan atau rapat serta hal yang dibicarakan dan diputuskan di dalamnya.

    Dilansir dari Thought Co, notulen ditulis menyertakan poin-poin kesepakatan dan tidak kesepakatan dengan ringkas dan koheren (berhubungan).

    Ada beberapa fungsi notulen, yaitu:

    - Bukti tertulis berlangsung rapat atau sidang.

    - Tolak ukur keberhasilan tujuan rapat.

    - Tolak ukur pengambilan tindakan setelah rapat.

    Sementara, tujuan dari notulen di antaranya:

    1. Bukti terlaksanakannya rapat

    Notulen menjadi bukti tertulis terlaksananya rapat dan bentuk pertanggungjawaban pada atasan suatu organisasi, serta sebagai bukti tertulis jika terjadi penggunaan dana dalam rapat untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan.

    2. Sumber informasi rapat yang kredibel

    Dilansir dari Resource Centre, notulen merupakan catatan kredibel apa yang berlangsung dalam rapat untuk anggota yang tidak bisa menghadiri rapat tersebut.

    Notulen juga menjadi sumber informasi jika hasil rapat dibutuhkan di kemudian hari karena akan dibagikan pada seluruh peserta rapat sekitar 1x24 jam setelah rapat berakhir.

    3. Tolak ukur pengambilan keputusan

    Notulen yang dilaporkan pada atasan merupakan salah satu pertimbangan pada pengambilan keputusan, karena berisi analisis tanggapan yang timbul pada orang-orang yang mengikuti rapat atau sidang terhadap suatu kasus.

    Apa saja susunan notulen?

    Bagian kepala notulen berisikan:

    Nama organisasi atau komite atau perusahaan atau kelompok Nama dan tema yang dibahas Hari dan tanggal Waktu pelaksanaan Tempat pelaksanaan Peserta rapat (seluruh orang yang mengikuti rapat tanpa terkecuali dan jabatannya)Isi notulen mencakup pembukaan notulen, poin-poin diskusi, hasil rapat, dan waktu berakhirnya rapat.

    Dan untuk akhir notulen diisi dengan agenda yang diusulkan untuk pertemuan berikutnya, waktu diadakan pertemuan berikutnya, penandatanganan notulen (nama, jabatan, dan tanda tangan).(*)

    Grafis: Joshua Victor

  • Mora sama Petir “belajar” apa di kamar Eps 2

    ( Read More)

  • Akan Segila Apa Jika Sains Tanpa Etika

    ( Read More)

    Ilmu pengetahuan ada untuk majuin umat manusia. Namun, apa jadinya jika kita bebas ngembangin apa aja, bahkan eksperimen mengerikan ke tubuh manusia? Akan segila apa sains jika kita tak mengenal batas etika? Enjoy the video!

    ---

    Tanyakan pertanyaan aneh anda disini! NGGA ada pertanyaan yang bodoh! 'Kok Bisa' ngga cuma sekedar mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terlihat bodoh, aneh dan dungu disini, tapi juga mencoba menumbuhkan rasa keingintahuan anda terhadap segala hal di dunia ini. Jadi tunggu apalagi? Ayo subscribe, let's watch the videos and go curiosity!

    ---

    FAQ (Frequently Asked Questions):
    Q: Min, upload tiap hari apa?
    A: Tiap hari Rabu. Tapi kadang-kadang ada video yang butuh waktu pembuatan lebih lama. So, stay tuned!

    Q: Min, animasinya pake software apa?
    A: Adobe after effects

    Q: MIN, KENAPA DI VIDEONYA ADA BAKSONYA TERUS!?
    A: Bakso is inspiration *wink

    ---

    Follow our social media for more updates, stuff and facts!

    Facebook: facebook.com/kokbisachannel
    Instagram: instagram.com/kokbisa
    Line: bit.ly/linekokbisa
    Twitter: twitter.com/kokbisachannel

    ---

    For business inquiries: [email protected]

    ---

    References:
    Sumber:
    World Health Organization, (2011). Standards and Operational Guidance for Ethics Review of Health-Related Research with Human Participants.
    Komisi Nasional Etik Penelitian Kesehatan, (2011). Pedoman Nasional Etik Penelitian Kesehatan.
    theconversation.com/human-experiments-the-good-the-bad-and-the-ugly-39876
    bbc.com/future/article/20190723-the-ethics-of-using-nazi-science
    erau.edu/-/media/files/university/research/irb-history-of-ethics.pdf?la=en&hash=2AF300850C345B9F444ECFC95B92DD8F38FB6583
    researchgate.net/post/Should_bioethicists_get_out_of_the_way
    ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5758074/
    dphhs.mt.gov/Portals/85/dsd/documents/DDP/MedicalDirector/Warfarin.pdf
    ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1200696/
    theconversation.com/human-experiments-the-good-the-bad-and-the-ugly-39876
    theconversation.com/judging-jenner-was-his-smallpox-experiment-really-unethical-54362
    bbc.com/indonesia/vert-fut-54360162
    cdc.gov/tuskegee/timeline.htm
    ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4568718/
    history.com/news/the-infamous-40-year-tuskegee-study
    newscientist.com/article/2208369-three-identical-strangers-was-the-twin-separation-study-ethical/
    medpagetoday.com/psychiatry/generalpsychiatry/80829
    simplypsychology.org/zimbardo.html
    ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5719679/
    thelancet.com/journals/lancet/article/PIIS0140-6736(04)17619-8/fulltext
    ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1323276/
    helix.northwestern.edu/article/thalidomide-tragedy-lessons-drug-safety-and-regulation
    sciencemuseum.org.uk/objects-and-stories/medicine/thalidomide
    livescience.com/13002-7-absolutely-evil-medical-experiments-tuskegee-syphilis.html
    youtube.com/watch?v=zZ3l1jgmYrY&t=18s
    youtube.com/watch?v=dijCs9XEm5I
    youtube.com/watch?v=CzNANZnoiRs
    quora.com/If-there-were-no-ethics-or-morals-in-science-how-much-faster-would-research-on-things-progress-if-there-was-no-limit-to-what-we-could-do

    ---
    Credits:
    - Kevin MacLeod for awesome music
    - Tiffani Angelica, for this episode's end narrator (instagram.com/tiffaniangelica)
    - And a massive THANK YOU to everyone for watching this and for all of your support!

  • Apa Itu Integritas

    ( Read More)

    Apa Itu Integritas?

    Sebagian dari kita pasti pernah mendengar kata 'integritas' sebelumnya. Integritas itu sebenarnya 'benda' apa, ya?

    Menurut KBBI, Integritas itu artinya sebuah mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan. Rasanya mulia sekali jika kita memiliki integritas dalam kehidupan sehari-hari.

    Yuk #Kawanaksi saksikan video "Apa itu Integritas"! Setelah nonton, jangan lupa untuk tinggalkan jejak bahwa kamu telah siap untuk mengaktualisasi integritas di kolom komentar yaa!
    #integritas

  • PERIBAHASA YANG ADA DI DALAM KBBI (BAGIAN 3)

    ( Read More)

    Peribahasa yang jarang diketahui orang-orang ada semua di KBBI

  • Moral MJ2A Sore

    ( Read More)

    Materi moral pada video ini merupakan materi hasil diskusi mahasiswa di kelompok mata kuliah etika sosial kelas manajemen 2 A sore. video ini mempresentasikan pembahasan tentang pengertian moral, nilai moral, norma moral, moralitas, kebaikan moral dan kebaikan pada umumnya serta immoral dan amoral. untuk megetahui lebih jelas penjelasan moral silakan klik link berikut youtu.be/y--cnuatnkA.

  • SUPER LENGKAP!!! Kamus Lengkap Antonim 350 Kata I Tes CPNS SBMPTN Sekolah Kedinasan I Klu

    ( Read More)

    #KamusAntonim #350kata #KlubMatematika

  • #3 Etika Profesi Advokat

    ( Read More)

    Materi ini membahas tentang pengertian etika. Advokat sebagai sebuah profesi wajib memiliki sikap dan akhlak yang baik, menjunjung tinggi moral dan nilai-nilai yang baik dan benar menurut hukum.

  • Konsep Dasar Etika | Pentingnya Etika | Teori Etika | TASUR Etika Profesi

    ( Read More)

    LEARNING: Konsep dasar etika, pentingnya etika, teori-teori etika.
    ----------
    Support me please, subscribe to this channel, view & share this video, thanks.
    Subscribe channel TASUR, tonton video sampai habis, bagikan ilmu ke orang lain, makasih.
    ----------
    Mau request video lain? Silakan ajukan di komentar.

    #Etika #EtikaProfesi #EtikaKomputer #Profesi #KonsepDasarEtika #TeoriEtika #PentingnyaEtika
    Channel TASUR, Semua Jadi Mudah :)
    (Taman Surga)

  • KBM Daring IPS Kelas 9 - Demoralisasi

    ( Read More)

    #VideoPembelajaran #IPSKelas9 #Demoralisasi #Globalisasi

  • Deinisi Fungsi dan Tujuan Pendidikan Pengertian Pendidikan

    ( Read More)

    Pengertian/Definisi dari Pendidikan
    Fungsi Pendidikan
    Tujuan Pendidikan