Pengertian Mantel Bumi

Diperkirakan pada masa lalu bahwa yang meleleh dan bervulkanisme di tingkat mantel yang dangkal telah menghasilkan kerak tipis produk meleleh yang. Mantel merupakan salah satu lapisan bumi. Menurut laman national geographic, lapisan ini memiliki ketebalan sekitar 2. 900 kilometer dan membentuk sekitar 84 persen volume bumi. Mantel bumi mulai terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, di mana besi dan nikel terpisah dari batuan dan mineral untuk membentuk inti planet baru. Pengertian mantel bumi adalah lapisan yang menyelubungi bumi. Mantel bumi terbagi dua, yaitu mantel atas, bersifat seiplastis dan memiliki kedalaman hingga 400 km yang biasa disebut litosfer, dan mantel bawah, bersifat padan dan memiliki kedalaman hingga 2. 900 km yang dinamakan asthenosfer.

Pada umumnya bumi memiliki tiga lapisan yang melingkar secara konsentris, lapisan itu terdiri dari kerak (crust), mantel (mantle) dan inti bumi (inner and outer core). kerak bumi atau crust, merupakan lapisan terluar bumi yang terdiri dari lapisan kerak samudera dan lapisan kerak benua, lapisan kerak samudera yang utama tersusun dari batuan basalt, dan alpisan kerak benua. Lempeng bumi merupakan bagian dari litosfer sebagai lapisan terluar dari permukaan bumi yang memiliki struktur padat dan keras karena terdiri atas berbagai batuan dan tanah. Pengertian struktur lapisan bumi. Struktur bumi adalah susunan / lapisan pembentuk bumi. Struktur bumi terdiri dari banyak jenis material. Kerak bumi dan sebagian mantel bumi membentuk lapisan litosfer dengan ketebalan total kurang lebih 80 km. Temperatur kerak meningkat seiring kedalamannya. Pada batas terbawahnya temperatur kerak. Pengertian bumi adalah suatu planet yang memiliki urutan ke tiga dari matahari dan planet terbesar kelima dari semua planet yang ada di tata surya. Mantel bumi dan inti bumi.

Baca Juga :

Video Tentang Pengertian Mantel Bumi

Kami berusaha menampilkan informasi mengenai Pengertian Mantel Bumi secara lengkap, dari berbagai sumber di internet. Pembahasan artikel di atas Kami sampaikan inti-intinya saja, bisa dikatakan sebagai kesimpulannya. Untuk melengkapinya, berikut ini ada beberapa video yang menjelaskan secara lengkap seputar Pengertian Mantel Bumi. Silakan disimak.

  • MANTEL BUMI ( LAPISAN PELINDUNG BUMI )

    ( Read More)

    #mantel #litosfer #astonosfeer #mesosfer #dirumahaja

    Share Vidio Ini Supaya Bermangfaat Bagi Semua Orang

  • Penjelasan Lengkap Struktur Lapisan Bumi dan Karakteristiknya

    ( Read More)

    Bumi yang kita tinggali ini ternyata terdiri dari berbagai macam lapisan. Pergerakan pada lapisan
    Bumi dapat dirasakan, contohnya ketika terjadi gempa bumi.

    Kunjungi haloedukasi.com/
    Follow instagram.com/haloedukasi/
    Follow dan Like facebook.com/haloedukasi

    #lapisanbumi #bumi #geografi

  • STRUKTUR DAN KARAKTERISTIK LAPISAN BUMI

    ( Read More)

    Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan submateri struktur dan karakteristik lapisan bumi. Materi geografi kelas 11 semester 2.
    Secara kimia Struktur bumi dibagi menjadi 3 lapisan, yaitu lapisan ini, lapisan mantel, dan lapisan kerak. Sedangkan secara fisik struktur bumi dibagi menjadi 5 bagian, yaitu lapisan inti dalam, lapisan inti luar, lapisan mesosfer, lapisan astenosfer, dan lapisan litosfer.
    Litosfer berasal dari bahasa Yunani lithosphaira, Lithos berarti batuan, Sphaira berarti lapisan. Secara harfiah, litosfer berarti lapisan yang terdiri dari batuan. Litosfer mencakup kerak bumi hingga mantel bagian atas. Kerak bumi terbagi menjadi dua, yaitu kerak benua dan kerak samudera. Kerak benua dicirikan membentuk daratan yang luas, sedangkan kerak samudera tertutup oleh air laut. Kerak benua memiliki ketebalan 35-70km, jauh lebih tebal dibandingkan dengan kerak samudera yang hanya 5-7 km. Walaupun kerak samudera lebih tipis, densitasnya lebih tinggi karena terdiri dari batuan berkomposisi basaltik yang kaya akan Silisium dan magnesium dibandingkan kerak benua yang terdiri dari batuan kristalin dan sedimen granitik yangkaya silisium dan alumunium.

    #Strukturlapisanbumi#Karakteristiklapisanbumi

  • Perjalanan Menuju Lapisan Bumi Terdalam

    ( Read More)

    Lapisan Bumi ternyata juga menyimpan banyak misteri yang menarik. Goodnewz Hero menjelajah ke dalamnya untukmu.

    Ada lebih banyak hal di Bumi daripada yang bisa kita lihat di permukaan. Nyatanya, jika kamu bisa memegang bumi di tangan kamu dan membelahnya menjadi dua, kamu akan melihat bahwa bumi memiliki banyak lapisan dan terdapat struktur lapisan bumi yang menarik.

    Tapi tentu saja, interior dunia selalu menyimpan beberapa misteri bagi kita. Bahkan saat kita dengan berani menjelajahi dunia lain dan menyebarkan satelit ke orbit, relung struktur bumi bagian dalam planet kita tetap terlarang dari kita.

    Namun, kemajuan dalam seismologi telah memungkinkan kita untuk belajar banyak tentang struktur lapisan Bumi dan banyak lapisan yang menyusunnya. Setiap lapisan memiliki sifat, komposisi, dan karakteristiknya sendiri yang memengaruhi banyak proses utama di planet kita.

    Struktur Bumi itu, secara berurutan dari eksterior ke interior adalah kerak, mantel, inti luar, dan inti dalam. Mari kita lihat mereka dan lihat apa yang terjadi ketika GoodNewz Hero menjelajah lapisan Bumi terdalam.

    00:00 Intro
    00:35 Crust / Kerak Bumi
    01:56 Mantle / Mantel / Selimut Bumi
    03:00 Core / Inti Bumi
    03:24 Inti Bumi Bagian Luar
    03:44 Inti Bumi Bagian Dalam
    04:26 Ending

    Sumber :
    youtube.com/watch?v=WjXSCumeqxo
    natgeokids.com/au/discover/geography/physical-geography/structure-of-the-earth/
    coolkidfacts.com/layers-of-the-earth-for-kids/
    coolkidfacts.com/earth-facts-for-kids/
    ilmugeografi.com/geologi/kerak-bumi
    scienceforkidsclub.com/earths-layers.html
    youtube.com/watch?v=eXiVGEEPQ6c
    ducksters.com/science/composition_of_the_earth.php

    Animasi by GoodNewz

    #lapisanbumi #strukturbumi #goodnewz

    Terima kasih sudah belajar binatang raksasa atau hewan terbesar di dunia yang masih hidup sampai saat ini
    Jangan lupa support channel ini dan bagikan jika kamu suka dengan video ini.
    ✅ Subscribe : youtube.com/channel/UCGEfEJ2Xqvls-oziJkibVng?sub_confirmation=1
    ✅ Twitter : twitter.com/GoodNewzIndo
    ✅ Website : aptoideguide.com/

    For copyright matters please contact us at: [email protected]

    *Disclaimer : this video may contains part of other video that is uploaded to Youtube therefore it is courtesy of Youtube and as a Youtube partner, I am allowed to use part of other video content courtesy of Youtube under derivative and educational purpose.
    Detail about this go to youtube.com/about/copyright/fair-use/

  • Seperti Apa Kira-Kira Perjalanan ke Inti Bumi

    ( Read More)

    Apa tempat paling eksotis yang pernah kamu kunjungi? Hawaii? Australia, Hoboken, New Jersey? Tapi hari ini, aku akan pergi ke tempat yang jauh lebih tidak biasa daripada itu – ke inti Bumi. Dan aku mengundang kamu untuk ikut denganku. Pasti seru. Pusat Bumi terletak sekitar 6.400 km di bawah permukaannya. Jadi, perjalanannya akan lama.

    💥Omong-omong, fokus ya! Untuk membuat perjalanan ini lebih menarik, aku menyembunyikan hal menarik di video ini. Oke, aku beri petunjuk - ini referensi film! Kamu pasti melihatnya karena film itu populer. Coba temukan semuanya dan beri tahu semua orang kamu punya mata tajam di kolom komentar! Jika kamu penggemar video game, ada referensinya untuk kamu juga. Tapi ini sangat sulit.

    😽 Dan tentu saja, ada kucing yang tersembunyi di video ini. Kamu bisa melihatnya? Ayo, buktikan kamu jauh lebih jeli daripada kebanyakan orang! Kamu menerima tantangan ini? 😉

    Berlangganan Sisi Terang youtube.com/channel/UCSg-Y9uI1E-my-I4WKKioEQ
    Sisi Terang facebook.com/sisi.terang.tsp/

    Musik oleh Epidemic Sound epidemicsound.com/

    Materi stok (foto, rekaman, dan lain-lain):

    depositphotos.com
    shutterstock.com
    eastnews.ru

    SISI TERANG
    in Facebook - facebook.com/sisi.terang.tsp
    website sisi-terang.com/

  • Ternyata di bawah Kerak Bumi Ada Samudera 500 Km di bawah permukaan Bumi!

    ( Read More)

    Ilmuwan memprediksi ada samudera yang airnya hampir sama banyaknya dengan air di permukaan bumi, wow! tapi di kedalaman 500 km dibawah permukaan bumi, siapa yang bisa ke sana? Limbad?

    TERIMA KASIH TELAH MENONTON DAN SALAM:

    IG: @mukhlis_amin_q

    Illustration video from YouTube CC

  • Seberapa Dalam Jarak ke Inti Bumi

    ( Read More)

    Berapa banyak lapisan Bumi? Kamu penasaran apa yang ada di bawah kerak Bumi? Planet kita seperti bawang bombai – dengan banyak lapisan berbeda. Kerak Bumi seperti cangkang telur rebus – tipis dan keras. Dan juga kurang dari 1% ukuran Bumi. Di kedalaman 1.006 meter, tekanannya mencapai 330 atmosfer. Itu seperti empat gajah bertumpuk di kepalamu atau dua panda yang menyeimbangkan diri di ibu jarimu.

    Sekitar 1.980 meter di bawah permukaan, kamu masih bertemu dengan beberapa makhluk hidup! Itu adalah springtail – serangga kecil tanpa mata yang hidup di Gua Krubera yang sangat dalam di negara Georgia. Hewan multiseluler terdalam yang telah diketahui, hidup di kedalaman 3.600 meter di tambang TauTona di Afrika Selatan. Ini mungkin terdengar aneh, tapi banyak hal menarik terjadi di bawah tanah. Misalnya, hampir 155 meter di bawah tanah – kamu akan menemukan hotel terdalam di dunia, dan pada tahun 2020 ini, konser terdalam di dunia berlangsung di kedalaman 1.890 meter!

    #sisiterang
    Berlangganan Sisi Terang youtube.com/channel/UCSg-Y9uI1E-my-I4WKKioEQ
    Sisi Terang facebook.com/sisi.terang.tsp/

    Musik oleh Epidemic Sound epidemicsound.com/

    Materi stok (foto, rekaman, dan lain-lain):

    depositphotos.com
    shutterstock.com
    eastnews.ru

  • LAPISAN BUMI & GEMPA BUMI

    ( Read More)

    Struktur Lapisan Bumi
    Bumi terdiri atas lapisan-lapisan yang memiliki karakteristik tertentu. Lapisan-lapisan Bumi sebagai berikut:
    1. Kerak Bumi (Crust)
    Kerak Bumi merupakan lapisan Bumi terluar yangr keras dan sangat tipis dibanding lapisan mantel dan inti Bumi. Ketebalan kerak Bumi sekira 6-40 km. Kerak Bumi tersusun atas material padat yang kaya silisium dan aluminium. Kerak Bumi dan sebagian lapisan di bawahnya (lapisan mantel Bumi paling atas) membentuk lapisan litosfer. Ketebalan litosfer sekitar 100 km. Suhu di bagian bawah kerak Bumi mencapai 1.100°C. Unsur-unsur kimia utama pembentuk kerak Bumi adalah oksigen (46,6%), silikon (27,7%), aluminium (8,1%), besi (5,0%), kalsium (3,6%), natrium (2,8%), kalium (2,6%), dan magnesium (2,1%).
    Litosfer dapat dibedakan atas lapisan sial (silium dan aluminium) dan lapisan sima (silium dan magnesium). Senyawa penyusun lapisan sial adalah SiO2, dan AI2O3 yang berbentuk batuan sedimen, granit, andesit, dan metamorf. Senyawa penyusun lapisan sima adalah SiO2, dan MgO. Berat jenis lapisan sima lebih besar daripada lapisan sial.
    Kerak Bumi mengambang diatas mantel Bumi yang lembek. Kerak Bumi dibedakan menjadi kerak
    benua dan kerak samudra. Kerak Bumi selalu bergerak atau bergeser. Pergeseran kerak Bumi berdampak pada kehidupan di Bumi.
    Kerak Benua
    Kerak benua menyusun daratan dan mengisi sekitar 79% volume kerak Bumi. Kerak benua berumur lebih tua daripada kerak samudra. Kerak benua memiliki ketebalan sekira 30-40 km (maksimum 70 km). Ketinggian permukaannya sekira 800 meter dari permukaan laut. Beberapa jenis batuannya berumur sekira 3,8 miliar tahun. Tempat tertinggi kerak benua adalah puncak Gunung Everest (8.848 m).
    Kerak Samudra
    Kerak samudra berada di bawah samudra dan ketebalannya sekira 6-11 km. Kerak samudra menyusun lantai dasar samudra dengan luas sekira 65% dari luas kerak Bumi. Kedalaman kerak samudra rata-rata 4.000 meter dibawah permukaan laut dengan tempat terdalam berupa palung. Misalnya Palung Mariana (kedalaman 10.916 m). Bagian atas kerak samudra dengan ketebalan sekira 1.500 km tersusun atas batuan bersifat basa (basaltik). Bagian bawahnya tersusun atas batuan metamorf dan batuan beku gabro. permukaan kerak samudra ditutupi oleh endapan sedimen dengan ketebalan rata-rata sekira 500 meter. Umur batuan kerak samudra tidak lebih dari 200 juta tahun atau lebih muda dibandingkan batuan kerak benua. Kerak samudra dengan berat jenis sekitar 3 gr/cm³ terbentuk dari lava cair yang mendingin cepat.
    2. Mantel/Selubung Bumi (Mantle)
    Mantel/Selubung Bumi berada di bawah kerak Bumi, yaitu sekitar 10 km di bawah kerak samudra
    atau sekitar 30 km dibawah kerak benua. Lapisan mantel memiliki ketebalan sekitar 2.900 km dan
    mencakup sekitar 80% total isi Bumi. Sebagian besar berupa silikat/besi dan magnesium. Suhu mantel bagian bawah mencapai 3.000°C. Lapisan mantel dibedakan menjadi mantel luar dan mantel dalam.
    Mantel Luar
    Mantel luar lebih tipis dibanding mantel dalam. Mantel luar berada 10-300 km di bawah permukaan Bumi. Mantel luar memiliki suhu sekitar 1.400-3.000°C dan berat jenis 3,4-4,3 gr/cm³. Lapisan paling atas mantel luar dengan ketebalan 100-300 km disebut astenosfer. Astenosfer berada di bawah lapisan litosfer. Litosfer mengapung di atas astenosfer,seperti es di atas air. Astenosfer bersifat cair dan liat. Astenosfer memengaruhi pergerakan kerak Bumi yang dapat membentuk pegunungan dan dataran tinggi serta menimbulkan gempa.
    Mantel Dalam
    Mantel dalam dengan suhu sekira 3.000°C berada pada kedalaman 300-2.890 km di bawah permukaan Bumi. Batuan penyusun mantel dalam bersifat kental karena tekanan tinggi. Mantel dalam mempunyai berat jenis 4,3-5,4 gr/cm³.
    3. Inti Bumi (Core)
    Inti Bumi merupakan lapisan Bumi paling dalam dan menjadi pusat Bumi. Inti Bumi berbentuk
    bola dan tersusun atas unsur utama besi (90%) dan nikel (8%). Inti Bumi berada sekira 2.900 km di bawah permukaan Bumi dan dibedakan menjadi inti luar (outer core) dan inti dalam (inner core).
    Inti Luar
    Inti luar berada 2.890-5.150 km di bawah permukaan Bumi dengan ketebalan sekitar 2.200 km. Inti luar melapisi inti dalam. Inti luar tersusun atas unsur besi, sedikit nikel, serta 10% sulfur dan oksigen. Inti luar bersifat cair dengan suhu 4.000-5.000°C dan berat jenisnya 10-12 gr/cm³.
    Inti Dalam
    Inti dalam berada 5.150-6.370 km di bawah permukaan Bumi dengan ketebalan sekira 1.250 km. Inti dalam tersusun atas besi, nikel, serta unsur ringan seperti sulfur, karbon, dan oksigen. Inti dalam dengan suhu sekira 5.000-6.000°C bersifat padat karena tekanan sangat tinggi. Berat jenisnya sekira 15 gr/cm³.

  • Lapisan Bumi

    ( Read More)

    Yuk kita belajar bareng untuk persiapan KSN Geografi!

    Pada video ini, akan disajikan bahasan "LAPISAN BUMI". Materi yang akan dibahas adalah:

    Lapisan Bumi
    Kerak Bumi
    Mantel Bumi
    Inti Bumi

    Jika ada pertanyaan, sila tuliskan di kolom komentar. Jangan lupa like dan subscribe ya! Share juga ke teman-temannya agar lebih giat belajar lagi!

    Semoga manfaat. Go Get Gold!

    BBM (Belajar Bareng Majiid)

  • Ilmuwan Menemukan Lapisan Misterius di Dalam Inti Bumi

    ( Read More)

    Bumi tersusun dari tiga lapisan: kerak, mantel dan inti Bumi. Paling tidak, inilah yang telah lama dikatakan ahli geologi kepada kita. Tapi penemuan terkini menyatakan bahwa planet kita memiliki satu lapisan lagi. Para ilmuwan yang mempelajari gempa bumi menemukan satu lapisan lagi dalam inti Bumi bagian dalam. Yuk, kita lihat seperti apa!

    #sisiterang
    Animasi dibuat oleh Sisi Terang.
    ----------------------------------------------------------------------------------------
    Musik oleh Epidemic Sound epidemicsound.com/

    Berlangganan Sisi Terang: bit.ly/3DrbSms
    ----------------------------------------------------------------------------------------
    Media Sosial Kami:
    Facebook: facebook.com/sisi.terang.tsp
    Instagram: instagram.com/sisi.terang.official/

    Materi stok (foto, rekaman, dan lain-lain):
    depositphotos.com
    shutterstock.com
    eastnews.ru
    ----------------------------------------------------------------------------------------

    Untuk video dan artikel lainnya kunjungi:
    sisi-terang.com/

  • Bisakah Kita Menggali Menembus Bumi

    ( Read More)

    Menembus angkasa itu... udah biasa. Dari zaman dulu, manusia berhasil berkali-kali terbang menembus lapisan awan. Tapi... bisakah kita menggali menembus bumi? Bagaimana jika itu terjadi? Enjoy the video!

    ---

    Tanyakan pertanyaan aneh anda disini! NGGA ada pertanyaan yang bodoh! 'Kok Bisa' ngga cuma sekedar mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terlihat bodoh, aneh dan dungu disini, tapi juga mencoba menumbuhkan rasa keingintahuan anda terhadap segala hal di dunia ini. Jadi tunggu apalagi? Ayo subscribe, let's watch the videos and go curiosity!

    ---

    FAQ (Frequently Asked Questions):
    Q: Min, upload tiap hari apa?
    A: Tiap hari Rabu. Tapi kadang-kadang ada video yang butuh waktu pembuatan lebih lama. So, stay tuned!

    Q: Min, animasinya pake software apa?
    A: Adobe after effects

    Q: MIN, KENAPA DI VIDEONYA ADA BAKSONYA TERUS!?
    A: Bakso is inspiration *wink

    ---

    Follow our social media for more updates, stuff and facts!

    Facebook: facebook.com/kokbisachannel
    Instagram: instagram.com/kokbisa
    Line: bit.ly/linekokbisa
    Twitter: twitter.com/kokbisachannel

    ---

    For business inquiries: [email protected]

    ---

    References:
    livescience.com/50312-how-long-to-fall-through-earth.html
    futurism.com/what-would-happen-if-you-jumped-through-the-center-of-the-earth/
    headsup.boyslife.org/is-it-possible-to-dig-a-hole-through-the-earth/
    livescience.com/29054-earth-core-hotter.html
    phys.org/news/2015-11-dug-tunnel-earth.html
    h2g2.com/edited_entry/A2960633

    ---
    Credits:
    - kokbisachannel.wordpress.com/2018/07/31/bisakah-kita-menggali-menembus-bumi/
    - Kevin MacLeod for awesome music
    - Sunshinelammi from Reddit, for this episode's end narrator (soundcloud.com/sunshinelammi)
    - And a massive THANK YOU to everyone for watching this and for all of your support!

  • Definisi Litosfer & Karakteristik Lapisan Bumi

    ( Read More)

    Video ini membahas mengenai definisi litosfer dan struktur lapisan bumi.
    Litosfer adalah lapisan bumi yang terdiri dari batuan.
    Bumi terdiri dari 3 lapisan yaitu :
    1. Lapisan kerak bumi/litosfer
    2. Lapisan mantel/astenosfer
    3. Lapisan inti bumi/barisfer

    Sumber video :
    youtu.be/rKiIK8ARWkM
    youtu.be/2E04sZJ9RzY
    youtu.be/QpJEs9mhiMs
    youtu.be/IBnAzhF3O0w
    youtu.be/KtexwZeUk7w
    youtu.be/etwXgYqiAOQ

    #lapisanbumi, #litosfer, #barisfer, #astenosfer, #bumi, #geografi,

  • Structure of the Earth Crust, Mantle and Core | Struktur Kerak Bumi, Mantel dan Inti Bumi

    ( Read More)

    Struktur Bumi terbagi dalam beberapa lapisan, seperti sebuah bawang. Bumi secara umum terdiri dari beberapa lapisan yaitu bagian paling atas disebut litosfer (bahasa Inggris: crust), lapisan di bawahnya adalah astenosfer atau mantel dan yang paling bawah adalah inti bumi. Bagian dalam dari bumi, dapat diketahui dengan mempelajari sifat-sifat fisika bumi, yaitu dengan metode geofisika, terutama dari kecepatan rambatan getaran atau gelombang seismik, sifat kemagnetannya dan gaya berat serta data panas bumi. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa bagian dalam bumi tersusun dari material yang berbeda-beda mulai dari permukaan bumi sampai ke inti bumi. Dengan metode geofisika tersebut, juga diketahui bahwa berat jenis bumi keseluruhan adalah sekitar 5,54. Kerak bumi sendiri yang merupakan lapisan terluar dan disusun oleh batu-batuan mempunyai berat jenis antara 2,5 sampai 3,0. Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa material yang menyusun bagian dalam bumi merupakan material yang lebih berat dengan berat jenis yang lebih besar daripada, batuan yang menyusun kerak bumi.

    Kerak Bumi adalah lapisan terluar bumi yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu kerak samudera dan kerak benua.[1] Kerak samudra mempunyai ketebalan sekitar 5–10km sedangkan kerak benua mempunyai ketebalan sekitar 20–70km. Penyusun kerak samudra yang utama adalah batuan basal, sedangkan batuan penyusun kerak benua yang utama adalah granit, yang tidak sepadat batuan basal.[2] Kerak bumi dan sebagian mantel bumi membentuk lapisan litosfer dengan ketebalan total kurang lebih 80km. Temperatur kerak meningkat seiring kedalamannya. Pada batas terbawahnya temperatur kerak menyentuh angka 1.100 C. Kerak dan bagian mantel yang relatif padat membentuk lapisan litosfer. Karena konveksi pada mantel bagian atas dan astenosfer, litosfer dipecah menjadi lempeng tektonik yang bergerak. Temperatur meningkat 30°C setiap km, namun gradien panas bumi akan semakin rendah pada lapisan kerak yang lebih dalam.
    Mantel bumi merupakan lapisan yang menyelubungi inti bumi dan merupakan bagian terbesar dari bagian bumi sekitar 83.2 persen dari volume dan 67.8 persen dari keseluruhan masa bumi. Karena terdiri dari material yang cair, selubung bumi sering disebut sebagai lapisan astenosfer. Lapisan ini merupakan tempat terjadinya pergerakan-pergerakan lempeng yang disebabkan oleh gaya konveksi atau energi dari panas bumi. Pergerakan tersebut sangat mempengaruhi bentuk muka bumi serta proses geologi lainnya seperti pergeseran benua dan pembentukan rantai pegunungan.[4] Ketebalan selubung ini berkisar 2.883 km. Densitasnya berkisar dari 5.7 gr/cc dekat dengan inti dan 3.3 gr/cc di dekat kerak bumi. Pada wilayah selubung bagian atas akan mulai terbentuk intrusi magma yang diakibatkan oleh batuan yang menyusup dan meleleh.
    Inti bumi terletak pada kedalaman sekitar 2900 km dari dasar kerak bumi sampai ke pusat bumi. Inti bumi dapat dipisahkan menjadi inti bumi bagian luar dan inti bumi bagian dalam. Inti bagian luar merupakan struktur cair yang terdiri dari besi dan nikel. Inti bagian luar ini berada di kedalaman 2.885-5.144 kilometer. Suhu pada lapisan ini mencapai 3.700 derajat Celcius. Sedangkan inti bagian dalam bumi berbentuk bola metal yang memiliki radius 1.220 kilometer atau sekitar tiga per empat ukuran bulan. Inti bagian dalam terletak di dalam bumi pada kedalaman 2.885-5.144 kilometer di bawah permukaan bumi. Suhu di inti bagian dalam bumi berkisar 4.300-5.400 derajat Celcius. Suhu ini hampir sepanas suhu permukaan matahari.
    Batas antara selubung bumi dan inti bumi ditandai dengan penurunan kecepatan gelombang P secara drastis dan gelombang S yang tidak diteruskan. Keadaan ini disebabkan karena meningkatnya berat jenis material penyusun inti bumi dan perubahan sifat materialnya dari yang bersifat padat menjadi bersifat cair. Meningkatnya berat jenis disebabkan karena perubahan dari material silikat yang menyusun selubung bumi menjadi material campuran logam yang kaya akan besi (Fe) di inti bumi. Perubahan sifat material menjadi cairan disebabkan karena turunnya titik lebur material yang mengandung besi dibandingkan material yang kaya silikat. Itulah sebabnya material yang menyusun inti bumi bagian luar berupa cairan yang kaya logam Besi (Fe). Sebaliknya semakin bertambahnya tekanan ke bagian yang semakin dalam akan mengakibatkan naiknya titik lebur material logam. Hal ini menyebabkan material yang menyusun inti bumi bagian dalam merupakan material logam yang bersifat padat.

  • Lapisan Bumi

    ( Read More)

    Video ini merupakan materi Bab.5 LAPISAN BUMI (IPA kelas 7 semester 2)

  • Alasan Inti Bumi Lebih Panas Daripada Matahari

    ( Read More)

    Kita telah berhasil menempuh ratusan ribu kilometer ke luar angkasa, tapi di Bumi sendiri, kita baru berhasil menggaruk permukaannya. Inti planet kita adalah misteri luar biasa yang penuh dengan rahasia. Ini waktunya mencari tahu soal itu.

    Inti Bumi adalah bola padat ekstra panas dengan perkiraan radius hanya 30% lebih kecil daripada Bulan. Ilmuwan menemukan bahwa sebagian besar massa Bumi terletak di pusatnya. Suhu inti bagian dalam Bumi sekitar 5.230 °C. Sementara titik leleh besi murni di inti Bumi sekitar 1.540 °C, dan titik leburnya sekitar 6.000 °C.

    URUTAN WAKTU:

    Inti Bumi sangat berat 0:18
    Bagaimana besi bisa sampai ke sana? 1:16
    Bagaimana kita tahu ukuran inti Bumi? 2:30
    Seberapa panas inti Bumi dan kenapa? 4:36
    Bagaimana itu bisa tetap padat? 5:38
    Kenapa Bumi masih bergolak? 5:58
    Studi tahun 2015 dari Universitas Durham 7:03

    #intibumi #faktabumi #sisiterang

    Berlangganan Sisi Terang youtube.com/channel/UCSg-Y9uI1E-my-I4WKKioEQ

    Musik oleh Epidemic Sound epidemicsound.com/

    Materi stok (foto, rekaman, dan lain-lain):

    depositphotos.com
    shutterstock.com
    eastnews.ru

  • Persiapan UTBK, SIMAK UI & UM UGM Geografi - Arus Konveksi Mantel Bumi

    ( Read More)

    Arus konveksi pada lapisan mantel bumi terbentuk dari pemanasan yang bersumber dari inti bumi. Di beberapa tempat, arus konveksi terjadi secara vertikal kemudian menyebar secara horizontal. Fenomena tersebut menyebabkan …
    (A) menimbulkan getaran sampai muka bumi
    (B) terjadi abrasi pada pesisir pantai
    (C) menyebabkan guncangan pada inti bumi
    (D) menarik massa lempeng bumi lainnya
    (E) peristiwa tektonisme
    ---------------------------------------------------------------------------
    Kumpulan pembahasan UTBK, SIMAK UI, dan UM UGM: ximple.id/post-sitemap.xml
    ---------------------------------------------------------------------------
    #snmptn #utbk #sbmptn #utbkgeografi #sbmptngeografi #simakui #umugm #utulugm #geografi #pembahasanutbk #pembahasansbmptn #pembahasansimakui #pembahasanumugm #pembahasanutulugm #litosfer #aruskonveksi #magma #mantelbumi #vulkanisme #tektonisme
    ---------------------------------------------------------------------------
    Butuh guru privat atau bimbel online?
    WA saya di 085694004148
    ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
    Dukung kami melalui Saweria: saweria.co/genturmesubudhi

  • Struktur Interior Bumi

    ( Read More)

  • STRUKTUR INTERIOR BUMI

    ( Read More)

    #KuliahIPBA #Kebumian
    Struktur interior Bumi akan menentukan berbagai peristiwa di permukaan Bumi seperti Gempa Bumi, Peristiwa Vulkanisme, dll

  • Family Project #42 Tugas Kelompok Membuat Struktur Lapisan Bumi

    ( Read More)

    Bumi merupakan salah satu planet dari bagian dari tata surya yang berada dalam bagian dari galaksi Bima Sakti. Dengan merupakan planet ketiga dari susunan planet yang ada di tata surya ini Bumi memiliki lampisan struktur berlapis-lapis sampai kepada inti bumi (core).

    Dengan diameter bumi sebesar 7.926 mil. Bumi memiliki setidaknya ada 4 lapisan bumi yang menjadi penyususn bumi yang saat ini kita tinggal diatasnya. Plate bumi ini memiliki 4 jenis lapisan, yaitu kerak bumi, selimut bumi, inti luar dan inti dalam bumi.