Pengertian Kesaktian Pancasila

Kesaktian, asal kata adalah sakti yang menurut bahasa berarti mampu (kuasa) berbuat sesuatu yang melampaui kodrat alam dan kesaktian itu berarti kepandaian (kemampuan) berbuat sesuatu yang bersifat gaib ( melampaui kodrat alam ). Makna hari kesaktian pancasila. Dilatar belakangi oleh 2 kejadian berdarah di atas, hari kesaktian pancasila ada untuk mengingat bahwa indonesia pernah memiliki sejarah yang amat kelam terkait kemanusiaan. Meski begitu, indonesia tetap mampu bersatu padu dan berdiri sebagai bangsa yang utuh. Pengertian kesaktian pancasila dan maknanya. Desember 07, 2017 no comments.

Peringatan kesaktian pancasila ini berakar pada sebuah peristiwa tanggal 30 september 1965. Konon, ini adalah awal dari gerakan 30 september (g30spki). Oleh pemerintah indonesia, pemberontakan ini merupakan wujud usaha mengubah unsur pancasila menjadi ideologi komunis. Hari itu, enam orang jendral dan berberapa orang lainnya dibunuh sebagai. Pengertian dari kesaktian pancasila • suatu dasar negara yang memiliki kekuatan yang sah, memiliki alasan kuat, benar atau adil, dapat diterapkan pada tempatnya, dapat mengerjakan atau menyelesaikan hal yang dirancang, mampu menjangkau masa depan. Pancasila tidak lagi diperhatikan lagi oleh masyarakat • masyarakat sudah hanya. Hari kesaktian pancasila adalah hari dimana negara indonesia terselamatkan dari pemberontakan yang dilakukan oleh kalangan partai komunis indonesia (pki). peristiwa gerakan 30 september 1965 oleh pki menyebabkan jatuhnya korban dari kalangan militer. Pengertian kesaktian pancasila dan maknanya. Pancasila merupakan lambang negara indonesia. Tak heran jika dalam perjalanan bangsa indonesia tercatat berbagai peristiwa sejarah mengenai lambang negara indonesia ini.

Baca Juga :

Video Tentang Pengertian Kesaktian Pancasila

Kami berusaha menampilkan informasi mengenai Pengertian Kesaktian Pancasila secara lengkap, dari berbagai sumber di internet. Pembahasan artikel di atas Kami sampaikan inti-intinya saja, bisa dikatakan sebagai kesimpulannya. Untuk melengkapinya, berikut ini ada beberapa video yang menjelaskan secara lengkap seputar Pengertian Kesaktian Pancasila. Silakan disimak.

  • Sejarah dan Makna Hari Kesaktian Pancasila (1 Oktober)

    ( Read More)

    Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila. Berikut sejarah dan makna memperingati hari Kesaktian Pancasila.

    Tonton juga Sejarah G30S/PKI youtu.be/OAi-naTTkRo

    Follow dan Like:
    instagram.com/haloedukasi/
    facebook.com/haloedukasi

    Kunjungi:
    haloedukasi.com/
    sejarahlengkap.com/

    #HariKesaktianPancasila #G30SPKI

  • Makna Hari Kesaktian Pancasila oleh Kautsar Alatas SMA YPHB Bogor

    ( Read More)

  • Lima makna Kesaktian [email protected] Organisasi

    ( Read More)

    Lima makna hari kesaktian pancasila.
    Vidio ini menceritakan tentang magna dari perengatan kesaktian pancasila.Sehingga cermin dari magna akan hari kesaktiaan pancasila tersebut diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang tetap bersatu padu menjaga pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa indonesia.Vidio yang lain:

    Nafak tilas HUT.RI.Ke.75 Tahun
    youtu.be/6hhF7P2RwlI

    Insiden bendera dimanado dan biak
    youtu.be/lePfbhwb90U

    BLA " Bandung Lautan Api"
    youtu.be/l_ur3kzITAU

    Palang Ambarawa
    youtu.be/o7Xgjjepi_c

    Peristiwa 10 Nofember 1945 sebagai hari pahlawan
    youtu.be/Sogu69aJYOY

    Nafak tila hari Hari Sumpah Pemuda 2019
    youtu.be/r2mgoAtw69Q

    UUD 1945 hasil amandemen
    youtu.be/LRfKQ_brwaQ

    Tag : hari kesaktian pancasila
    magna hari kesaktia pancasila
    refleksi hari kesaktian pancasila
    lima magna hari kesaktiaan pancasila
    kesaktian pancasila ada
    arti hari kesaktian pancasila
    sebutkan magna hari kesaktian pancasila
    kesaktian pancasila 1 0ktober 2020

    #kesaktiaanpancasila
    #harikesaktiaanpancasila
    #magnaharikesaktiaanpancasila

  • Sejarah Hari Kesaktian Pancasila dan Kaitannya dengan Peristiwa G30S/PKI

    ( Read More)

    Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2021. Peringatan ini bermula dari Surat Keputusan Panglima TNI Angkatan Darat Jenderal Soeharto pada 17 September 1966.

    Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus dilakukan oleh seluruh pasukan Angkatan Darat dengan mengikutsertakan masyarakat.

    Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pertama kali dilakukan di Lubang Buaya, Jakarta pada 1 Oktober 1966. Penetapan Hari Kesaktian Pancasila ini sangat erat kaitannya dengan peristiwa G30S/PKI.

    Penulis : Dandy Bayu Bramasta, Rosy Dewi Arianti Saptoyo
    Penulis Naskah: Rizkia Shindy
    Narator: Anasthasya
    Video Editor: Dina Rahmawati
    Produser: Sherly Puspita

    #JernihkanHarapan #SuaraKompas

  • MAKNA HARI KESAKTIAN PANCASILA, 1 OKTOBER 2021

    ( Read More)

    Bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu menghargai jasa pahlawannya. Dengan hari Kesaktian Pancasila kita kenangkan para Pahlawan Revolusi. Pancasila sakti, Indonesia jaya

  • Apa Sih Makna Kesaktian Pancasila Itu

    ( Read More)

    Senin, 1 Oktober 2018 diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila. UNISKA sebagai kampus Cinta Tanah Air menyelenggarakan Upacara Bendera di Lapangan utama Universitas Islam Kadiri. Upacara tersebut berjalan dengan lancar mulai pukul 7 pagi dengan Bapak Khayatuddin Wakil Rektor 4 sebagai inspektur upacara, HMJ Menejemen dan HIMA Aksi sebagai petugas upacara, serta Mahasiswa baru dan dosen sebagai peserta upacara.

    Kali ini tim LPM INDEPENDENT MEDIA bersempatan mewawancarai bapak Wakil Rektor mengenai tanggapannya terhadap makna Kesaktian Pancasila itu sendiri.
    Selamat menyaksikan!

    #uniska #uniskastory #kesaktianpancasila #pancasila #mahasiswa #mahasiswakediri #kedirihits #infokediri #jurnalis #jurnaliskampus #lpm #pers #persmahasiswa

  • Perbedaan Hari Lahir dan Kesaktian Pancasila - BIP 02/06

    ( Read More)

    Tanggal Tayang: 02/06/2021

    Program berita harian yang menyajikan berbagai peristiwa terkini secara cepat dan akurat dari seluruh Indonesia. Mengupas berbagai masalah yang tengah hangat di masyarakat, baik di bidang sosial, ekonomi, perkotaan, hingga dunia hukum dan politik. Semuanya dikemas secara mendalam, menyentuh tapi tetap kritis.

    Buletin iNews Pagi, Siang, dan Malam juga dilengkapi dengan berita-berita hiburan serta feature unik baik dari dalam dan luar negeri yang disajikan secara humanis.

    Subscribe iNews Official Youtube Channel:
    youtube.com/OfficialiNews

    Subscribe Buletin iNews Youtube Channel:
    youtube.com/GTVNewsIndonesia

    Follow Our Official Twitter: twitter.com/gtvid_news
    Check Our Official Website: inews.id
    Like Our Official Facebook: facebook.com/gtvindonesianews
    Follow Our Official Instagram:
    instagram.com/gtvindonesia_news

    Saksikan info berita terkini di:
    Buletin iNews Pagi: Senin – Jumat Pukul 03.45 WIB
    Buletin iNews Siang: Setiap Hari Pukul 10.30 WIB
    Buletin iNews Malam: Senin – Jumat 01.00 WIB
    Buletin iNews: Senin – Jumat 12.00 | 14.00 | 00.00

  • MAKNA KESAKTIAN PANCASILA

    ( Read More)

    Orasi ini sesuai pendapat saya mengenai makna nilai-nilai pancasila. Saya juga masih memperdalam ilmu, mohon maaf apabila terdapat salah kata dan kurangnya wawasan saya mengenai Sejarah Indonesia.
    Semoga dapat bermanfaat :)

  • Kesaktian Pancasila||| Penjelasan singkat Peristiwa G 30 S PKI

    ( Read More)

    Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Pada hari ini, 55 tahun yang lalu, pecah Gerakan 30 September (G30S) yang menewaskan beberapa perwira Angkatan Darat--mereka lantas ditetapkan sebagai pahlawan revolusi.

    Pada 24 September 1966, seperti yang tertulis dalam Dokumen Terpilih Sekitar G30S/PKI (1997), Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian mengusulkan supaya peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga dilakukan oleh seluruh jajaran Angkatan Bersenjata.

    Soeharto, yang juga menjabat Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan, lantas mengeluarkan surat keputusan tertanggal 29 September 1966 yang menetapkan bahwa Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh “seluruh slagorde (jajaran) Angkatan Bersenjata dengan mengikutsertakan massa rakyat."

    Asvi Warman Adam dalam buku bertajuk Membongkar Manipulasi Sejarah: Kontroversi Pelaku dan Peristiwa (2009) menuliskan, masyarakat sesungguhnya mempertanyakan apakah peristiwa 30 September 1965 relevan dikaitkan dengan kesaktian Pancasila?

    Gerakan 30 September, sebut Asvi, merupakan upaya perebutan kekuasaan dan tidak ada hubungannya dengan kehebatan Pancasila.

    Aksi kudeta itu sendiri gagal karena kecerobohan pelakunya dalam merancang strategi militer dan menerapkannya di lapangan.

    Prosesi Hari Kesaktian Pancasila
    Semasa Orde Baru, ada semacam ritual pengibaran bendera untuk memperingati peristiwa G30S dan Hari Kesaktian Pancasila. Pada 30 September, bendera dinaikkan setengah tiang. Esok harinya, atau 1 Oktober, bendera dinaikkan secara penuh.

    Prosesi pengibaran bendera selama dua hari itu bisa dimaknai sebagai berikut:

    Bendera setengah tiang yang dikibarkan pada 30 September dimaksudkan sebagai tanda duka nasional setelah terbunuhnya beberapa perwira militer AD.

    Di Jakarta, para jenderal itu adalah Ahmad Yani, Soeprapto, M.T. Haryono, Siswondo Parman, D.I. Panjaitan, Sutoyo Siswodiharjo, serta Pierre Tendean yang merupakan ajudan Jenderal A.H. Nasution. Sedangkan di Yogyakarta, ada dua perwira militer yang juga menjadi korban, yaitu Katamso dan Soegiyono.

    Keesokan harinya, bendera dinaikkan secara penuh sebagai simbol kemenangan berkat “kesaktian Pancasila" yang mampu menangkal ancaman ideologi komunis.

    Ritual semacam ini seolah dipaksakan harus dilakukan oleh seluruh elemen bangsa setiap tanggal 30 September dan 1 Oktober.

    Namun, setelah Soeharto lengser dan Orde Baru runtuh saat Reformasi 1998, prosesi ini jarang diterapkan lagi meski tidak hilang sama sekali.

    Pembantaian Massal 1965-1966
    Tidak ada yang salah dengan peringatan belasungkawa atas gugurnya para perwira AD dalam tragedi 1965 itu. Akan tetapi, tulis Asvi, persoalan yang lebih penting dan lebih patut diperingati adalah: kematian lebih dari 500 ribu jiwa warga Indonesia setelahnya.

    Sepanjang titi mangsa 1965-1966, juga tahun-tahun setelahnya, terjadi pembantaian besar-besaran terhadap orang-orang yang dianggap PKI atau antek-anteknya, bahkan kepada mereka yang dituding terkait dengan komunis, kendati tanpa bukti yang kuat dan tanpa proses pengadilan.

    Keseluruhan jumlah korban pembantaian itu masih menjadi misteri hingga kini. Dikutip dari The Indonesian Killings of 1965-1966 (1990) karya Robert Cribb, Angkatan Bersenjata RI memperkirakan jumlah yang dibantai mencapai sekitar satu juta orang.

    Sedangkan menurut orang-orang komunis yang selamat dari pembantaian dan mengalami trauma, tulis Theodore Friend dalam Indonesian Destinies (2003), perkiraan awal jumlah korban pembantaian terhadap orang-orang yang dituduh PKI dan komunis tidak kurang dari dua juta orang.

    Sebagian sejarawan menyepakati setidaknya setengah juta orang dibantai. Oleh M.C. Ricklefs dalam A History of Modern Indonesia since c.1300 (1991), jumlah ini disebut lebih banyak ketimbang peristiwa apa pun dalam sejarah Indonesia.

    Setelah Orde Baru runtuh, investigasi untuk menguak tragedi pembantaian 1965-1966 mulai diupayakan, kendati tetap saja mengalami hambatan. Pada 23 Juli 2012, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyatakan bahwa pembantaian orang-orang yang dituduh komunis itu merupakan pelanggaran HAM berat.

    Pernyataan Komnas HAM tentang “Hasil Penyelidikan Pelanggaran HAM yang Berat Peristiwa 1965-1966" terungkap, ke-9 pelanggaran itu meliputi:

    Pembunuhan, pemusnahan, perbudakan, pengusiran/pemindahan penduduk secara paksa, perampasan kemerdekaan atau kebebasan fisik lainnya secara sewenang-wenang, penyiksaan, pemerkosaan dan kejahatan seksual lainnya, penganiayaan, serta penghilangan orang secara paksa.

    Barangkali benar bahwa Pancasila memang sakti kendati para pahlawan revolusi harus terlebih dulu menjadi korban. Namun, apakah ratusan ribu atau bahkan jutaan rakyat yang dibantai oleh sesama anak bangsa tidak pantas mendapat penghormatan yang juga sama layaknya?

    Penulis: Iswara N Raditya
    Editor: Abdul Aziz

  • Makna kesaktian Pancasila

    ( Read More)

  • Sejarah yang Dibengkokkan Terkait Hari Kesaktian Pancasila

    ( Read More)

    *******
    Roudhoh Chanel adalah chanel sejarah seputar tahun 1965 dan peristiwa-peristiwa yang mengikutinya.
    Sejarah yang selama ini disembunyikan oleh orde baru, kita kupas disini dengan mengambil dari sumber-sumber yang kredibel dan kompeten.
    #BeraniJujurHebat #Sejarah1965
    *******
    Copyright Disclaimer :
    - Under section 107 of the Copyright Act of 1976
    - Every Video, Audio, Footage, Image etc in this content under terms of Fair Use, Permitted by Copyright Statute.
    - Every Content in this Channel for purpose such as Education, News Report, interpretation etc.
    *******

  • Makna dan Arti di Balik Hari Kesaktian Pancasila

    ( Read More)

    Liputan6.com - Tanggal 1 Oktober setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Ternyata ada makna dan arti mendalam di balik peringatan hari bersejarah tersebut.

    ----
    Jangan lupa subscribe untuk mendapatkan berita terkini Liputan6.com dan video trending hari ini. Untuk berita politik, bisnis, gosip artis, dan video-video viral, klik saja:

    Youtube ► youtube.com/c/Liputan6ComOfficial
    Twitter ► twitter.com/liputan6dotcom
    Facebook ► facebook.com/liputan6online
    Instagram ► instagram.com/liputan6/
    TikTok ► tiktok.com/@liputan6com

    Atau kunjungi website:
    liputan6.com/video
    Produced by liputan6.com
    Liputan6 Apps ► app.liputan6.com

    -~-~~-~~~-~~-~-
    Tonton Juga: "Kisah Bocah 6 Tahun dengan Penyakit Langka | Tubuhnya Harus Selalu Dibasahi Air"
    youtube.com/watch?v=6hzRtdhc6Wg
    -~-~~-~~~-~~-~-

  • Bedanya Hari Lahir Pancasila dengan Hari Kesaktian Pancasila

    ( Read More)

    Media Online for #KidsEraNow

    Ikuti update berita terkini yang dikemas secara asik dalam bentuk Podcast, Video, Infografis, Teks, dan Foto.

    Website: era.id/

    Follow official account era.id di :
    - Instagram : instagram.com/eradotid/
    - Twitter : twitter.com/eradotid
    - Facebook : business.facebook.com/eradotid/
    #harikesaktianpancasila

  • KAJIAN PANCASILA DAN ARUS SEJARAH BANGSA (Kesaktian Pancasila)

    ( Read More)

    Selamat memperingati hari kesaktian pancasila 1 oktober 2020..

  • Hari Kesaktian Pancasila

    ( Read More)

  • Pidato MENDIKBUD RI dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020

    ( Read More)

    Bismillahirohmanirohim

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    salam sejahtera untuk kita semua
    Om Swastiastu
    Namo buddhaya
    salam kebajikan
    Rahayu

    Saudara-saudara sebangsa dan setanah air
    Hari ini kita merayakan hari Kesaktian Pancasila. Di hari ini kita sebagai bangsa diberikan kesempatan untuk melakukan refleksi diri. Kita mengenal Pancasila sebagai falsafah negara kita, ideologi bangsa kita. Kita mengenal Pancasila sebagai akar yang menyambung masa lalu dan masa depan kita bersama, tapi apa arti Pancasila bagi kita dalam kehidupan sehari-hari, apa makna dari sila-sila Pancasila bagi seorang pemimpin, seorang pekerja, seorang guru, seorang ibu dan seorang anak?

    Di masa pandemi seperti sekarang terasa sulit membayangkan sisi positif dari bencana yang melanda karena pandemi ini kita secara bersamaan mengalami krisis kesehatan, krisis ekonomi dan krisis pembelajaran. Tetapi di saat sulit seperti ini sila-sila Pancasila justru terlihat jelas mendarah daging di masyarakat kita. Kalau kita melihat sekeliling kita dengan lebih peka kita bisa melihat begitu banyak pahlawan Pancasila yang menyalakan lilin-lilin kemanusiaan di lingkungannya masing-masing. Lilin Pancasila terlihat menyala dalam pengorbanan tenaga medis yang mempertaruhkan nyawanya setiap hari untuk menyelamatkan pasien Covid. Kita melihat ribuan mahasiswa yang sudah kesulitan dengan tantangan pembelajaran daring menyalonkan dirinya sebagai sukarelawan dalam penanganan Covid. Lilin Pancasila terlihat menyala di dalam kepemimpinan di masa krisis. Kita melihat pemimpin-pemimpin di sektor pemerintahan dan swasta yang berani mengambil resiko dan bergerak cepat untuk meringankan penderitaan masyarakat. Kita melihat ribuan pemilik usaha kecil yang mengorbankan labanya agar karyawannya tidak perlu dilepas walaupun pelanggannya lenyap. Kita melihat pemimpin umat di tempat-tempat ibadah yang menggalang dana untuk membantu rakyat yang agamanya berbeda dari dirinya kita melihat lilin Pancasila menyala saat seniman-seniman nusantara dalam kondisi ekonomi terpuruk masih menyelenggarakan pertunjukan seni secara daring untuk mengingatkan rakyat betapa indahnya kebinekaan Indonesia. Kita melihat lilin Pancasila dinyalakan oleh guru-guru yang mendatangi rumah pelajar di daerah-daerah terpencil agar mereka masih bisa belajar. Kita melihat lilin Pancasila menyala saat orang tua yang setelah seharian mencari nafkah masih sempat membaca dan bermain dengan anaknya yang kesepian di rumah.

    Pada hari ini kita mengingat sejarah kita, betapa besar pengorbanan nenek moyang kita untuk bangsa ini dan kalau kita melihat dengan seksama kita bisa menyadari bahwa Kesaktian Pancasila terus sejarah daging di generasi kita. Di masa krisis seperti ini lilin-lilin Pancasila menerangi kegelapan di mana-mana.

    Pandemi ini menantang negara kita dan menguji ketangguhan kita sebagai rakyat indonesia. Pancasila sebagai pusaka negara Indonesia harus menyala di hati kita masing-masing dalam setiap perbuatan kecil dan besar yang bisa kita lakukan bagi sesama.

    Selamat hari Kesaktian Pancasila.

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Om Santi Santi Santi om
    Namo buddhaya.

  • Hari Kesaktian Pancasila | Makna Sila Pancasila | PKn Tema 4 Kelas 4 | SD Ta'mirul Islam Surakarta

    ( Read More)

    Jangan Lupa klik LIKE dan SUBSCRIBE ke Channel Youtube SD Ta'mirul Islam Surakarta

    SUBSCRIBE: youtube.com/c/sdtakmirul?sub_confirmation=1

    Kunjungi Website kami untuk berita dan informasi terbaru seputar SD Ta'mirul Islam Surakarta

    sdtakmirul.sch.id

    SD Ta'mirul Islam Surakarta
    MEWUJUDKAN GENERASI ISLAMI PENUH PRESTASI

  • Apa Arti Hari Kesaktian Pancasila Bagi Aura Kasih

    ( Read More)

    Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila. Apa makna momen ini bagi Aura Kasih?

    Videografer: Herri Hermawan
    Editor: Amank Abdul Rachman
    =================================================
    tabloidbintang.com
    Facebook: facebook.com/tabloidbintang
    Twitter: twitter.com/tabloidbintang

  • Unri Peringati Hari Kesaktian Pancasila

    ( Read More)

    Makna Hari Kesaktian Pancasila Bagi Unri Sebagai Institusi Pendidikan Tinggi
    Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang ditetapkan pada tanggal 1 Oktober, dilaksanakan Universitas Riau (Unri) di halaman komplek Gedung Rektorat Kampus Bina Widya Unri Panam, Selasa (1/10/2019). Pada upacara ini Rektor Unri Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA menjadi Inspektur Upacara.

    Tepat tanggal 1 oktober, menjadi tonggak sejarah bagi Bangsa Indonesia, dimana tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari kesaktian pancasila yang mampu menggagalkan gerakan paham komunis di Indonesia yang bertujuan untuk menggantikan ideologi negara Pancasila menjadi negara komunis.

    Hari Kesaktian Pancasila juga memiliki makna sebagai hari perkabungan nasional karena adanya tragedi penculikan dan pembunuhan enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat menjadi korban dalam Gerakan 30 September Tahun 1965. Tak hanya itu pasca tragedi itu, terjadi “pembersihan” terhadap semua unsur dalam pemerintahan dari pengaruh paham komunias mulai dari anggota organisasi hingga simpatisan.

    Melihat kenyataan yang terjadi dalam masyarakat saat ini, Rektor Unri, menyampaikan sudah selayaknya bangsa indonesia melakukan sebuah refleksi terhadap pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang mulai memudar akhir-akhir ini. Mesti memperkuat kembali, sebagai usaha mencapai cita yang selama ini di impikan dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

    “Nilai-nilai Pancasila sudah harus kita amalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kalaulah Pancasila kita pegang teguh, maka tidak akan ada penyimpangan-penyimpangan yang terjadi, seperti Korupsi yang sudah mendarah daging, kekerasan, main hakim sendiri, tawuran antar pelajar yang sudah menjadi kebiasaan hingga kemiskinan yang sudah tidak asing,” ujar Rektor.

    Unri sebagai Perguran Tinggi Negeri di Indonesia melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi dalam kerangka pelaksanaan kegiatan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Melalui tiga kerangka tersebut Unri menciptakan generasi bangsa yang berkarakter dan berkopeten dalam bidang keilmuan yang bermanfaat bagi masyarakat.

    Bertepatan Tanggal 1 Oktober 2019 ini, Unri juga telah berusia 57 tahun. Maka selama itulah Unri dalam menjalankan amanah institusi sebagai lembaga pendidikan tinggi melaksanakan tridarma perguruan tinggi. “Sesuai dengan tema hari Kebangkitan Pancasila, “Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”. Unri berkomitmen menciptakan generasi bangsa yang berkarakter dan berkompeten dalam bidang keilmuan yang bermanfaat bagi masyarakat.”

    Menapak tilas perjalanan Unri sepanjang 57 tahun ini, perlu disegarkan kembali bahwa peran dan kontribusi Unri pada berbagai bidang, diantaranya bidang pendidikan dan alumni, penelitian, serta kontribusi bidang pengabdian kepada masyarakat. “Baru-baru ini Unri meraih beberapa penghargaan antara lain, 2 medali perak di ajang Pimnas 2019 di Bali, meraih 1 medali emas, 3 medali perak dan 6 medali perunggu di even Pomnas 2019 Jakarta, serta meraih peringkat 4 best team.

    Pada kesempatan yang sama Unri meraih peningkatan prestasi Pimnas dari 1 medali perak menjadi 2 medali perak. Pomnas Tahun 2019 ini, Unri meraih peningkatan prestasi dari sebelumnya 3 medali emas menjadi 4 medali emas, Unri berada di peringkat 9 dari 34 provinsi dalam prestasi Pomnas.

    #universitasriau #unri #harikesaktianpancasila