Pengertian Jihad Secara Bahasa Dan Istilah

Jihad merupakan ijtihad dengan senjata. Ijtihad merupakan jihad dengan akal pikiran. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas pengertian ijtihad secara bahasa dan istilah. Memberikan kemudahan… *** a. Pengertian ijtihad secara bahasa. Secara bahasa, kata ijtihad berasal dari kata:

Jihad juga dapat berarti mencurahkan segenap upaya dan kemampuan untuk menghadapi segala sesuatu yang berhubungan dengan. Pengertian jihad dalam islam. Arti jihad itu sendiri bukanlah perang, apapun dan di manapun yang dilakukan muslim untuk mendapatkan kekuasaan, ketenaran, harta dan kekayaan. Jihad adalah abstract noun atau masdar dalam bahasa arab yang asal katanya jahada جاهد yang berarti ‘berjuang dan berusaha keras’. 28 april 2016 kantorbahasabengkulu 0 komentar. Kata jihad berasal dari bahasa arab, yaitu aljihad, yang berarti ‘perjuangan’. Dalam bahasa indonesia, kata jihad digunakan dengan pengertian sebagai berikut. Menurut buku fikih madrasah aliyah xii oleh drs. 28) definisi atau pengertian jihad secara syariat yang paling komprehensif diutarakan oleh ibnu taimiyah, jihad adalah mengerahkan segala upaya demi mencapai kebenaran yang diinginkan. Arti kata jihad menurut kbbi.

Baca Juga :

Video Tentang Pengertian Jihad Secara Bahasa Dan Istilah

Kami berusaha menampilkan informasi mengenai Pengertian Jihad Secara Bahasa Dan Istilah secara lengkap, dari berbagai sumber di internet. Pembahasan artikel di atas Kami sampaikan inti-intinya saja, bisa dikatakan sebagai kesimpulannya. Untuk melengkapinya, berikut ini ada beberapa video yang menjelaskan secara lengkap seputar Pengertian Jihad Secara Bahasa Dan Istilah. Silakan disimak.

  • MAKNA JIHAD SECARA BAHASA DAN ISTILAH ( Umum ) | Ustadz Fatkhur Rakhman,Lc

    ( Read More)

    MAKNA JIHAD SECARA BAHASA DAN ISTILAH ( Umum ) | Ustadz Fatkhur Rakhman,Lc
    Video Kami lainya disini: bit.ly/2LqiY1j

    Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahih-nya, hadits dari sahabat Uqbah bin ‘Amr bin Tsa’labah radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

    من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِ

    “Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893).

    Al Awwabin TV,

    -------------------------------------------------------------

    Indahnya mengenal sunnah, untuk mengikuti update video terbaru silahkan klik Subscribe, dan jika bermanfaat silahkan share ke teman atau saudara antum.

    Video kami yang Lainya : bit.ly/385hpj2

    Follow kami di:

    -----------------------------------------------------------
    Instagram : bit.ly/363wfVl

    Facebook : bit.ly/33SmOXg

    PERHATIAN

    ------------------------------------------------------------

    1. Kajian ini dari ustadz yang bermanhaj salaf, berdasarkan Al Quran dan Hadist dengan pemahaman para Salafus Shalih (Sahabat, Tabiin, Tabiut-Tabiin)

    2. Ini bukan kajian lucu, bukan dagelan, dan tidak bikin Anda ngakak.

    Jazakumullah khairan

  • Makna Jihad yang Benar - Ustadz Syafiq Riza Basalamah, M.A.

    ( Read More)

    Makna Jihad yang Benar - Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. - Ceramah Singkat

    Pengertian jihad haruslah dipahami dengan baik oleh seseorang, tidak setiap kata jihad dimaknai berperang. Jihad adalah bersungguh-sungguh, itu secara bahasa. Dan dalam hal ini ada macam macam jihad yang kesemuanya disebut jihad fisabilillah yakni: Jihad melawan hawa nafsu, jihad melawan Setan, jihad melawan Ahlul Bid'ah dan pelaku kemungkaran, serta jihad melawan orang yang memerangi Islam. Keempatnya memiliki penjelasan yang berbeda-beda.

    Contoh jihad yang nyata ialah pedulinya kaum muslimin untuk shalat Shubuh berjamaah. Apa gunanya dunia, jika ia mengesampingkan shalatnya? Hukum jihad adalah wajib, ia akan senantiasa tegak hingga hari Kiamat. Coba perhatikan kembali pengertian jihad dalam Al Quran dan hadits tentang jihad yang menyebutkan konsep jihad berikut jenis jihad yang harus dipahami dengan baik. Adapun makna jihad secara umum telah kita sebutkan di muka. Sedangkan Islam dan kesehatan, keduanya tidak saling bertentangan. Apalagi olah raga yang tujuannya untuk menguatkan jasad dan membersihkan pikiran negatif, maka ini selaras dengan makna Islam yang asasnya ialah mengambil kemanfaatan dan menepis kemudharatan.

    Jihadun nafs ialah jihad teragung, bagaimana seseorang akan menang melawan musuh di luar dirinya, jika ia terus menerus kalah dalam melawan nafsunya??? Hati menurut AlQuran ada tiga: hati yang hidup, hati yang mati, dan hati yang sakit. Ustadz Syafiz Riza Basalamah mencoba mengurai benang merah antara jihad dan keikhlasan serta musuh utamanya yaitu riya. Riya adalah beramal dengan mengharap pujian manusia. Dari video ini kita mengenal penyakit hati menurut Islam, mengetahui pengertian ikhlas (ikhlas adalah beramal untuk Allah semata), mengenal makna jihad yang benar, mengetahui seluk beluk makar setan dari hadits tentang setan, semangat untuk mempunyai qolbun salim, mengetahui keutamaan sholat shubuh berjamaah, mengetahuipula bahwa perbuatan Teroris bukanlah Jihad!

    #jihad #teroris #jenggot

    *
    MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
    Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
    *
    ►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
    *
    YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
    Fabebook: facebook.com/Yufid.TV/
    Instagram: instagram.com/yufid.tv/
    Telegram: telegram.me/yufidtv
    Yufid.TV Official Website: yufid.tv
    *
    YUK, DUKUNG YUFID.TV!
    Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: yufidstore.com
    *
    DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

    BNI SYARIAH
    0381.346.658
    a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

    BANK SYARIAH MANDIRI
    7086.882.242
    a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

    Paypal: [email protected]

    NB:
    Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

    Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: goo.gl/y7o7Se

  • What is Jihad (Apa itu Jihad)

    ( Read More)

    Jihad dari kata "jahada" artinya berjuang, Menurut istilah jihad adalah berjuang dijalan Allah. Ada kesalahpahaman tentang makna jihad, penting untuk memahami makna jihad. Kesalahpahaman tersebut seperti perang fisik melawan non muslim adalah jihad.
    Jihad tidak hanya perang fisik melawan non muslim, jihad dapat ditunjukan dengan berbagai macam hal seperti: berjuang membela agama dengan menulis, melawan hawa nafsu, kedengkian,, melawan iblis, kotoran qalbu, dakwah secara langsung atau tidak langsung, dan lain-lain.

    #apaitujihad? #Jihad #JihadfiSabilillah #ThePoetryofJihad #TheRealMeaningofJihad #JihadMeaning #YufidTv #LampuIslam #pecintajihad #WhatisLoveJIhad #ConceptofJihadinIslam #Suararakyat #Teroris #Islam #BULECANTIKINIBILANGMUSLIMITUT3R0RIS #AllahuAkbar #HolyWar #PerangSuci #Perang #Terrorism #CisformUinsuka #PejuangIslam #JihadSoftware #Khilafah #HuffPost #TheMuslimwakeup #SimpleIslam #JihadonTerorism #ArtiJihadyangSesungguhnya #TamanSurga #PlanetIslam #Peperangan #MaknaJIhad #Isis #Bom #Dakwah #Animasi

    Jika suka video ini Subscribe, like, share, coment
    Terima Kasih

  • Memahami Makna Jihad - Ustadz Adi Hidayat, Lc, MA

    ( Read More)

    Tidak diragukan lagi bahwa jihad adalah amal kebaikan yang Allah syari'atkan dan menjadi sebab kokoh dan kemuliaan umat islam. Sebaliknya (mendapatkan kehinaan) bila umat Islam meninggalkan jihad di jalan Allah, sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang shohih,

    عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا تَبَايَعْتُمْ بِالْعِينَةِ وَأَخَذْتُمْ أَذْنَابَ الْبَقَرِ وَرَضِيتُمْ بِالزَّرْعِ وَتَرَكْتُمْ الْجِهَادَ سَلَّطَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ ذُلًّا لَا يَنْزِعُهُ حَتَّى تَرْجِعُوا إِلَى دِينِكُمْ

    Dari Ibnu Umar beliau berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Apabila kalian telah berjual beli 'inah, mengambil ekor sapi dan ridho dengan pertanian serta meninggalkan jihad maka Allah akan menimpakan kalian kerendahan (kehinaan). Allah tidak mencabutnya dari kalian sampai kalian kembali kepada agama kalian.' (HR. Abu Daud)

    Ibnu Taimiyah menyatakan, 'Tidak diragukan lagi bahwa jihad melawan orang yang menyelisihi para rasul dan mengarahkan pedang syariat kepada mereka serta melaksanakan kewajiban-kewajiban disebabkan pernyataan mereka untuk menolong para nabi dan rasul, dan untuk menjadi pelajaran berharga bagi yang mengambilnya sehingga dengan demikian orang-orang yang menyimpang menjadi kapok, termasuk amalan yang paling utama yang Allah perintahkan kepada kita untuk menjadikannya ibadah mendekatkan diri kepadaNya'.

    Namun amal kebaikan ini harus memenuhi syarat ikhlas dan sesuai dengan syariat islam karena kedua hal ini adalah syarat diterima satu amalan. Di samping juga jihad bukanlah perkara mudah bagi jiwa dan memiliki hubungan dengan pertumpahan darah, jiwa dan harta yang menjadi perkara agung dalam Islam sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sabdanya,

    فَإِنَّ دِمَاءَكُمْ وَ أَعْرَاضَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ عَلَيْكُمْ حَرَامٌ كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هَذَا فِي شَهْرِكُمْ هَذَا فِي بَلَدِكُمْ هَذَا إِلَى يَوْمِ تَلْقَوْنَ رَبَّكُمْ أَلَا هَلْ بَلَّغْتُ قَالُوا نَعَمْ قَالَ اللَّهُمَّ اشْهَدْ فَلْيُبَلِّغْ الشَّاهِدُ الْغَائِبَ فَرُبَّ مُبَلَّغٍ أَوْعَى مِنْ سَامِعٍ فَلَا تَرْجِعُوا بَعْدِي كُفَّارًا يَضْرِبُ بَعْضُكُمْ رِقَابَ بَعْضٍ

    'Sesungguhnya darah, kehormatan dan harta kalian diharamkan atas kalian (saling menzholiminya) seperti kesucian hari ini, pada bulan ini dan di negri kalian ini sampai kalian menjumpai Robb kalian. Ketahuilah apakah aku telah menyampaikan?' Mereka menjawab, 'Ya'. Maka beliau pun bersabda, 'Ya Allah persaksikanlah, hendaklah orang yang hadir menyampaikan kepada yang tidak hadir, karena terkadang yang disampaikan lebih mengerti dari yang mendengar langsung. Maka janganlah kalian kembali kufur sepeninggalku, sebagian kalian saling membunuh sebagian lainnya.' (Muttafaqun 'Alaihi)

    Demikian agungnya perkara jihad ini menuntut setiap muslim melakukannya untuk menggapai cinta dan keridhoan Allah. Tentu saja hal ini menuntut pelakunya untuk komitmen terhadap ketentuan dan batasan syari'at, komitmen terhadap batasan dan hukum Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, merealisasikan target dan tujuan syari'at tanpa meninggalkan satu ketentuan dan batasannya, agar selamat dari sikap ekstrim dan berlebihan sehingga jihadnya menjadi jihad syar'i di atas jalan yang lurus dan dia mendapatkan akibat dan pahala yang besar diakhirat nanti. Hal itu karena ia berjalan di atas cahaya ilahi, petunjuk dan ilmu dari Al Qur'an dan sunnah NabiNya shallallahu 'alaihi wa sallam.

    Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk belajar mengenai konsep islam tentang jihad secara benar dan bertanya kepada para ulama pewaris nabi tentang hal-hal yang belum ia ketahui. Apalagi dalam permasalahan yang sangat penting dan berbahaya ini, lagi-lagi di masa kaum muslimin tidak mengenal syari'atnya dengan benar. Sebab bisa jadi yang dianggap jihad syar'i sebenarnya adalah jihad bid'ah.

  • VIRAL !!! Film Pendek Tentang Pengertian Jihad

    ( Read More)

    Film pendek ini memaknai pengertian jihad dengan menolong sesama.
    Pengertian Jihad secara bahasa berasal dari akar kata jahd yang bermakna “berusaha sungguh-sungguh dengan mengerahkan segenap kemampuan.” Dalam makna yang lebih luas pengertian jihad adalah menanggulangi musuh yang tampak, setan, dan hawa nafsu. Jihad dalam Islam bermakna luas yakni bersungguh-sungguh dan bekerja keras melakukan kebaikan. Menurut ulama, jihad dapat dimanifestasikan dengan hati, menyebarkan syariat Islam, dialog dan diskusi dalam konteks mencari kebenaran, mempersembahkan karya bagi kemanfaatan Muslimin dan dengan melawan kekafiran. Artinya, jihad dalam Islam dapat dilakukan dengan berbagai cara, bukan hanya dengan mengangkat senjata.
    Dalam Islam, kewajiban berjihad hanyalah dalam tataran perantara (wasilah) dengan sebuah tujuan utama membawa petunjuk (hidayah) kepada umat manusia untuk menuju agama Allah sehingga ketika dengan media dakwah maupun transformasi pengetahuan hidayah sudah dapat tercapai, cara-cara seperti ini jauh lebih baik daripada harus mengangkat senjata. Jihad secara utuh dapat dilakukan dengan berbagai cara. Membantu sesama, perjuangan dalam pendidikan, perekonomian dan bidang-bidang lain untuk kemaslahatan umat Islam adalah jihad fi sabilillah. Justru cara-cara demikian yang harus dilakukan sekarang ini di bumi Indonesia apalagi jika kita lihat akhir-akhir ini Indonesia banyak dilanda bencana seperti halnya bencana di Donggala Palu Sulawesi Tengah. Saudara kita disana sudah pasti membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari kita sebagai sesama warga negara Indonesia.
    Dibuat oleh official suasanasantri :
    Tlp: 082218524857
    Fb: suasanasanri.co
    Ig: @susasanasantri @gekcalik

    #jihad #jihadfiisabilillah #jihadislam #jihadmedsos #pemudajihad #scooter #scootersantri #pedulisesama #maribantusesama #lovejihad #prayfordonggala #prayforindonesia #indonesiarumahbersama #kitainisama

  • Mau Tahu Pengertian JIHAD yang sebenarnya

    ( Read More)

    Definisi Jihad
    Jihad secara bahasa berarti mengerahkan dan mencurahkan segala kemampuannya baik berupa perkataan maupun perbuatan. Dan secara istilah syari’ah berarti seorang muslim mengerahkan dan mencurahkan segala kemampuannya untuk memperjuangkan dan meneggakan Islam demi mencapai ridha Allah SWT.

    Tujuan Jihad
    Jihad fi sabilillah disyari’atkan Allah SWT bertujuan agar syari’at Allah tegak di muka bumi dan dilaksanakan oleh manusia. Sehingga manusia mendapat rahmat dari ajaran Islam dan terbebas dari fitnah. Jihad fi sabilillah bukanlah tindakan balas dendam dan menzhalimi kaum yang lemah, tetapi sebaliknya untuk melindungi kaum yang lemah dan tertindas di muka bumi

    Keutamaan Jihad
    ”Bagi orang yang mati syahid disisi Allah mendapat tujuh kebaikan: 1. Diampuni dosanya dari mulai tetesan darah pertama. 2. Mengetahui tempatnya di surga. 3. Dihiasi dengan perhiasan keimanan. 4. Dinikahkan dengan 72 istri dari bidadari. 5. Dijauhkan dari siksa kubur dan dibebaskan dari ketakutan di hari Kiamat. 6. Diletakkan pada kepalanya mahkota kewibawaan dari Yakut yang lebih baik dari dunia seisinya. 7. Berhak memberi syafaat 70 kerabatnya.” (HR at-Tirmidzi)

    Hukum Jihad
    Hukum Jihad fi sabilillah secara umum adalah Fardhu Kifayah, jika sebagian umat telah melaksanakannya dengan baik dan sempurna maka sebagian yang lain terbebas dari kewajiban tersebut

    Macam Macam Jihad :
    1. Jihad dengan lisan
    menyampaikan, mengajarkan dan menda’wahkan ajaran Islam kepada manusia serta menjawab tuduhan sesat yang diarahkan pada Islam. Termasuk dalam jihad dengan lisan adalah, tabligh, ta’lim, da’wah, amar ma’ruf nahi mungkar dan aktifitas politik yang bertujuan menegakkan kalimat Allah

    2. Jihad dengan harta
    menginfakkan harta kekayaan di jalan Allah khususnya bagi perjuangan dan peperangan untuk menegakkan kalimat Allah serta menyiapkan keluarga mujahid yang ditinggal berjihad.

    3. Jihad dengan jiwa
    memerangi orang kafir yang memerangi Islam dan umat Islam. Jihad ini biasa disebut dengan qital (berperang di jalan Allah). Dan ungkapan jihad yang dominan disebutkan dalam al-Qur’an dan Sunnah berarti berperang di jalan Allah.

    Info VR Kaos Distro Islami :

    SMS / WhatsApp : 0821 1212 1309
    LINE : vr_shop_collection
    IG : instagram.com/vrkaosislami
    Web : vrshopcollection.com/
    FP : facebook.com/vrkaosislami/

  • Memahami Logika Jihad dan Jihad Fi Sabilillah 1

    ( Read More)

    Kata jihad, agaknya sudah menjadi barang jamak di tengah masyarakat dunia. Terlebih di negara yang sudah menjadi langganan kasus teror bermuatan SARA seperti halnya negara kita, Indonesia Raya.

    Meski demikian, tak sedikit pula yang betul-betul paham tentang definisi kata jihad itu sendiri. Akibatnya, sering muncul berbagai penafsiran bias dan abu-abu yang justru jauh dari esensi sebenarnya.

    Satu contoh sederhana. Banyak kalangan aktivis maupun para akademisi yang berpendapat bahwa akar persoalan terorisme di Indonesia terjadi akibat dangkalnya pemahaman kelompok ini tentang makna jihad. Sehingga perlu adanya penafsiran bahwa jihad tak melulu bicara soal perang.

    Sebab secara etimologis kata jihad sendiri berasal dari Bahasa Arab, jahada – yujahidu – jihadan yang bermakna bersungguh-sungguh, mengerahkan upaya, atau berjuang keras.

    Dalam makna yang lebih luas, kata jihad kerap digunakan untuk melukiskan sebuah usaha maksimal dalam mencapai suatu tujuan. Seperti berbakti kepada orang tua, bekerja dan berbuat baik kepada sesama manusia, juga dapat dipahami sebagai bagian dari makna jihad itu sendiri.

    Pendapat ini merujuk pada sabda Nabi pasca perang Badar, “Kita pulang dari Jihad kecil (Perang Badar) menuju jihad akbar”.

    Makna yang terkandung dari sabda Nabi tersebut adalah bahwa perang hanyalah jihad kecil, dan jihad yang lebih besar adalah melawan segala nafsu yang terdapat dalam jiwa manusia.

    Berbekal pada pemahaman ini, banyak kalangan yang kemudian menafsirkan kalimat jihad atau jihad fi sabilillah baik yang terdapat dalam ayat Al Qur’an maupun Hadits dengan pengertian “bersungguh-sungguh di jalan Allah”. Definisi ini pula yang kemudian banyak digunakan sebagai media counter pemahaman ekstrimisme yang belakangan marak terjadi di Indonesia, terutama menyasar kalangan yang sudah terlanjur terpapar.

    Kenyataan di lapangan, hal demikian justru banyak mendapat penolakan. Ini tidak lain karena umumnya para praktisi dan kalangan akademisi tidak memahami konteks dan pokok persoalan secara utuh. Mereka hanya menggunakan hadits Nabi di atas sebagai dasar argumentasi.

    Sementara, bagi kalangan jihadis dan para pelaku teror, mereka menilai bahwa hadits tersebut tidak memiliki silsilah yang jelas. Sebagaimana perkataan Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani yang menyebutkan bahwa hadits ini di dalam kitab Silsilah Al-Hadits Adh-Dha’ifah sebagai hadits ‘Mungkar’ atau tidak memiliki dasar yang benar. Hadits tersebut bukan berasal dari sabda Nabi, melainkan perkataan Ibrahim bin Abi ‘Abalah, seorang ulama tabi’in dari penduduk Syam.

  • 1.7.1 JIHAD STPM SEJARAH SEM 2

    ( Read More)

    Perkataan jihad berasal dari kata dasar ‘jahada’ bererti berusaha keras, bersungguh-sungguh dan berjuang.

    Dari sudut bahasa pula, jihad bermaksud penumpuan segala tenaga dan usaha untuk mencapai cita-cita iaitu menegakkan syiar Islam.

    Dalam istilah syarak, jihad bererti berjuang iaitu berjuang dalam peperangan, berjuang menentang hawa nafsu, berjuang untuk menegakkan keadilan dan kebenaran bagi menegakkan agama Allah.

    Contoh jihad dalam peperangan ialah tindakan Rasullullah SAW melawan musuh dalam perang Badar tahun 624 M, perang Uhud 625 M dan perang Khandak 627M

    Jihad merupakan sesuatu yang amat luas dan perlu ditafsirkan secara tepat.

    Jihad dalam bentuk zahir dan batin perlu dilakukan secara ikhlas dan bersungguh- sungguh semata-mata kerana Allah swt, bukan untuk kepentingan sendiri, tetapi untuk kepentingan sejagat dan tidak mengharapkan apa-apa balasan.

    Jihad merupakan prinsip Islam yang agung kerana jihad dapat memelihara kebesaran, kemuliaan dan kedaulatan Islam, negara dan juga umatnya

  • Apa Arti Jihad Sebenarnya | Dr. Zakir Naik

    ( Read More)

    → Subscribe ke Lampu Islam: goo.gl/HtCS6t
    → Donasi: kitabisa.com/dakwahlampuislam

    Blog Lampu Islam: lampuislam.blogspot.com
    Instagram: instagram.com/LampuIslam (@LampuIslam)
    Facebook Page: facebook.com/LampuIslam
    Google +: plus.google.com/+LampuIslam

    EMAIL LAMPU ISLAM
    Pertanyaan seputar kerjasama dakwah dan bisnis bisa kirim ke: [email protected]
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩Ϫ۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Jazakallahu khairan kepada: youtube.com/DrZakirChannel

    Nasheed intro: Omar Esa - Happy
    Nasheed outro: Omar Esa - Let's Pray

    Kumpulan video terbaik dari Dr. Zakir Naik:
    youtube.com/playlist?list=PLcFtbbd42dWo-plBOw8VVMxL4R77KQv4G
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩Ϫ۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    CATATAN
    Apabila ada yang ingin mengupload ulang video atau menggunakan subtitle dari Lampu Islam, silahkan saja demi kepentingan dakwah Islam, namun diharuskan tetap menjaga amanat ilmiah, yaitu tidak menghapus logo dan link ke channel Lampu Islam yang ada di dalam videonya.

    Dan bagi yang ingin menulis komentar, tolong gunakan bahasa yang santun dan baik. Saling mencaci dan menggunakan bahasa kotor tidak akan menyelesaikan masalah. Allah berfirman: “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.” (QS. An Nahl: 125).

    Dan bagi yang Muslim, kita dilarang menghina tuhan dari non-Muslim. Allah telah berfirman: “Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan” (QS. Al An’am: 108).

    Biografi Dr. Zakir Naik:

    Zakir Naik terlahir pada 18 Oktober, 1965 Mumbai (Bombay pada waktu itu) beliau adalah seorang pembicara umum Muslim India, dan penulis keislaman dan perbandingan agama. Sejak 1991 ia telah menjadi seorang ulama yang terlibat dalam dakwah Islam dan perbandingan agama.

    Rekaman video dan DVD ceramahnya banyak didistribusikan. Beliau adalah pemilik Peace TV, sebuah stasiun televisi Islami. Zakir Naik juga adalah pendiri dan presiden Islamic Research Foundation (IRF) sebuah organisasi nirlaba. Topik yang sering ia bicarakan mencakup: Islam dan Ilmu Pengetahuan Modern, Persamaan Islam dan Kristen, Kristologi, Islam dan Sekularisme, Ketuhanan Yesus Kristus, Penyaliban Yesus, Ketuhanan Yesus, Nubuat Nabi Muhammad dalam Bibel, Nubuat Nabi Muhammad dalam Kitab Hindu, Nubuat Nabi Muhammad dalam Kitab Buddha, dsb.

    Jika kita melihat tayangan video Dr. Zakir Naik di Youtube, ceramah beliau tidak hanya hanya orang Islam saja juga oleh kristen, hindu, buddha, bahkan ateisme. Dan kita lihat dari ceramah-ceramahnya di YouTube, banyak orang-orang non-Muslim tersebut termasuk pendeta, pandid, dsb yang tadinya melakukan debat agama dengan beliau namun akhirnya masuk Islam (menjadi muallaf) di acara beliau. Mereka memberikan kesaksian bahwa Islam adalah agama kebenaran.

    Diantara pendapat itu adalah tentang mukjizat Quran. Al-qur’an yang telah turun 1400 tahun yang lalu merupakan salah satu kitab yang menurut beliau adalah kitab yang sangat luar biasa, karena didalamnya terdapat fenomena yang tak sedikit fenomena itu di ketemukan pada akhir-akhir ini.

    Dr. Zakir Naik dengan kemampuan yang dimilikinya berupa hafalan yang teramat kuat tidak hanya mampu menghafalkan Al-Qur’an dan Shahih Bukhari Muslim, akan tetapi beliau juga telah menguasai kitab Weda, Tripitaka, Bhagavad gita, bahkan telah menggerakkan hati ribuan penganut Hindu di India dan menjadi mu’allaf. Beliau tanpa ragu-ragu juga mengoreksi pastur dan pendeta jika mereka salah dalam mengutip ayat-ayat dalam bible atau injil.

    Namun, tidak seperti gurunya, yaitu Syekh Ahmed Deedat, Dr. Zakir Naik tidak memiliki banyak agenda Debat Terbuka layaknya Ahmed Deedat karena hampir semua tantangan debat yang dilayangkan oleh Dr. Zakir Naik banyak yang tidak mendapat respon dari gereja, bahkan sampai sekarang belum ada berita apakah ada Pendeta yang berani berhadapan langsung dengan beliau. Oleh karena itu, Dr. Zakir Naik dijuluki “Ahmed Deedat Plus” yang telah membuat pastur dan pendeta merasa ngeri berhadapan dengan beliau yang argumentasinya belum pernah terpatahkan.

    Naik pernah mengajak debat terbuka kepada Paus Benediktus dimana tantangan debat tersebut tidak direspon. Debatnya pada tahun 2006 dengan Sri Sri Ravi Shankar dengan topik "Konsep Ketuhanan dalam Hinduisme dan Islam" yang diadakan di kota Bangalore, India, mengalami sukses besar. Beliau berhasil membuktikan bahwa Islam adalah agama kebenaran yang diwahyukan Allah kepada nabi penutup dan terakhir, Nabi Muhammad s.a.w.

    Dakwah-dakwahnya disampaikan dengan mudah dapat diakses melalui situs youtube yang kebanyakan berasal dari saluran Peace TV yang direkam dengan kefasihan beliau dalam berbahasa Inggris, bahkan beberapa telah disertai subtitle Indonesia.

  • Jihad damai, sebuah penjelasan singkat tentang makna Jihad

    ( Read More)

    Jihad merupakan salah satu bahasan yang berkaitan dengan permasalahan maskulinitas. Wujud maskulinitas seorang laki-laki diperlihatkan di antaranya melalui jalan kekerasan dan jihad masih cenderung dipahami sebagai perjuangan membela agama dengan menggunakan kekerasan.

    Video ini adalah video yang dibuat dalam kegiatan workshop agama dan perdamaian yang bermaksud memaparkan secara singkat definisi dan makna jihad yang sebenarnya lebih luas dan tidak melulu harus menggunakan jalan kekerasan

  • KAFA Tahun 4: Sirah Apa itu JIHAD

    ( Read More)

    Ini adalah video pengajaran dan pembelajaran bagi subjek KAFA Sirah Tahun 4 Pelajaran 1 "Jihad Rasulullah dan Para Sahabat"

  • Pengertian Jihad Dalam Islam dari segi istilah Sirah Pendidikan Islam Tahun 5

    ( Read More)

    Pengertian jihad dalam Islam dari segi istilah bagi subjek sirah pendidikan Islam Tahun 5. Penerangan berkaitan jihad besar (al akbar) dan jihad kecil (al asghar).

    Jihad melibatkan Rasulullah SAW dan para sahabat dalam mencapai kemenangan bagi mencari redho Allah SWT.

    Harap perkongsian video ini dapat membantu anak- anak di rumah bagi mengulangkaji topik berkaitan.

    Sila berikan sokongan anda kepada kami dengan subscribe SRIP CHANNEL.
    JANGAN KLIK SINI : tinyurl.com/ywy83nxr
    KLIK SINI UNTUK SUBSCRIBE : youtube.com/SRIPCHANNEL?sub_confirmation=1

    Terima Kasih kerana menonton.

    #PDPCAtHome #pendidikanislam #sirah #tahun4 #pengertianjihad #pdpr

  • Jikirasa | Makna Jihad Dalam Perspektif Sirah

    ( Read More)

    Masih lanjutan pembahasan dari minggu lalu, kali ini bertemakan Makna jihad dalam perspektif sirah (perjalanan Rosul) yang akan di kupas, tentu dengan keilmuan yang bersumber dari Al-quran dan Hadist Soheh, sehingga kita sebagai umat Muslim mengerti dan paham akan Makna Jihad yang sesungguhnya, sehingga pemahaman dan pengertian jihad tidak terdistorsi dengan pikiran manusia dan propaganda orang-orang yang memusuhi Islam.

    #Jihad #Jikirasa #MaknaJihad

  • MAKNA JIHAD ATAU ARTI JIHAD MENURUT BAHASA ARAB..

    ( Read More)

    Makna jihad menurut orang arab asli , dan penjelasan nya ,biar gak salah paham dan tak salah pengertian nya ,,terimakasihhh

  • ▶️ Gus Baha Terbaru - Memahami arti Jihad Dalam Islam I Peringatan Hari Santri 2020

    ( Read More)

    Tidak diragukan lagi bahwa jihad adalah amal kebaikan yang Allah syari’atkan dan menjadi sebab kokoh dan kemuliaan umat islam. Sebaliknya (mendapatkan kehinaan) bila umat Islam meninggalkan jihad di jalan Allah, sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang shohih [1],

    عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا تَبَايَعْتُمْ بِالْعِينَةِ وَأَخَذْتُمْ أَذْنَابَ الْبَقَرِ وَرَضِيتُمْ بِالزَّرْعِ وَتَرَكْتُمْ الْجِهَادَ سَلَّطَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ ذُلًّا لَا يَنْزِعُهُ حَتَّى تَرْجِعُوا إِلَى دِينِكُمْ

    Dari Ibnu Umar beliau berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila kalian telah berjual beli ‘inah, mengambil ekor sapi dan ridho dengan pertanian serta meninggalkan jihad maka Allah akan menimpakan kalian kerendahan (kehinaan). Allah tidak mencabutnya dari kalian sampai kalian kembali kepada agama kalian.”(HR. Abu Daud)

    Ngaji Online bareng Gus Baha terbaru lewat media #MajelisKyaiSantri dalam video ini.
    #gusbahalive - Nasab Lewat jalur Sebab
    Semoga Berkah Ngajinya dan Manfaat Ilmunya.

    Untuk Seluruh Kumpulan Ngaji #gusbahaterbaru2020 Klik Link: s.id/Playlist_Ngaos-Gus-Baha

    ►Subscribe dan tekan Bel untuk melihat video baru setiap hari Klik link: youtube.com/c/MajelisKyai...

    Temukan MajelisKyaiSantri di :

    ►Facebook : facebook.com/MajelisKyaiS...
    ►Instagram : instagram.com/majeliskyai...
    ►Twitter : twitter.com/MajelisKyaiSan3
    ►Website : majeliskyaisantri.blogspot.com/

    Channel Majelis Kyai Santri membagikan Ilmu para ulama seperti Mbah Mun, Gus Baha terjemah indonesia, Gus Mus, Gus Ali Mashuri, Gus Qoyyum, Gus Muwafiq, Cak Nun, KH. Anwar Zahid, Ust.Adi Hidayat (UAH), Ust. Abdul Somad (UAS), Dr. Zaidul Akbar dll.

    Biasakan menonton hingga akhir agar kajian yang diberikan dapat diterima secara komplit dan tidak menimbulkan salah tafsir. Terima Kasih

    Matches: ngaji gus baha, gus baha al baqoroh, quran terjemah gus baha, qur'an gus baha, tafsir gus baha', majelis kyai santri, gus baha, gusbaha, gus baha', gus baha terbaru, ceramah gus baha, live gus baha, live ngaji gus baha, gus, baha, ngaji, santri, gus baha tafsir, gus baha' terbaru, gus baha lucu, #gusbaha, #MajelisKyaiSantri, ngaji kyai gus baha, gus baha puasa, gus baha bab puasa, gus baha ramadhan 2020

    #gusbahaterbaru2020 #gusbahalive #ngajigusbaha #gusbahaterjemah #gusbaha #gusbahaterbaru #gusbahaterbaru2020 #gusbahamatanajwa #gusbahalucu #gusbahadiplosokediri #gusbahaviralterbaru #gusbahatentanggusmuwafiq #gusbahalive #livegusbaha #ngajikiyai #profilgusbaha #gusbahadipbnu #gusbahadilirboyo #katakatagusbaha #ngajigusbaha #ceramagusbaha #gusbahaterbarulive #gusbahabahasaindonesia #gusbahabahasaarab #gusbahaviral #dawuhgusbaha #pengajiangusbaha #gusbahaterjemah #gusbahaterjemah #gusbahabahasaindonesia #gusbahatafsir #gusbahatranslate #santri #islamnusantara #islamindonesia #aswaja #trendingindonesia #trending

    arti jihad fisabilillah
    pengertian jihad menurut para ulama
    contoh jihad
    tujuan jihad
    dalil tentang jihad
    macam macam jihad
    jenis dan tingkatan jihad
    hukum jihad
    macam-macam jihad
    contoh jihad
    tujuan jihad
    syarat perang menurut islam adalah
    hikmah jihad
    jihad dalam arti qital adalah untuk membela
    makalah jihad dalam islam
    qital adalah
    pengertian jihad secara bahasa dan istilah
    dasar jihad dalam al-quran
    qital
    jihad terbagi
    dasar jihad dalam al qur'an
    sebutkan dasar hukum jihad!
    manfaat melakukan jihad
    seseorang yang berijtihad disebut
    terorisme bukan ajaran islam. jelaskan
    pengertian jihad fisabilillah brainly
    pengertian jihad dan urgensinya
    macam-macam jihad fisabilillah
    jihad fisabilillah adalah
    bahasa arab nya jomblo fisabilillah
    makalah hadits tentang jihad fisabilillah
    sebutkan tiga macam jihad
    dasar hukum jihad
    syarat-syarat wajib jihad
    hikmah mempelajari jihad adalah
    apa syarat wajib berjihad
    jelaskan sebagai sumber hukum islam
    jelaskan hukum berjihad

  • JIHAD!!! Inilah pengertian jihad menurut UAS || Ustad Abdul Somad

    ( Read More)

    #UAS #pengertianjihad #shameedfann

    Assalamualaikum . . .

    Dalam vidio kali ini,Ustad Abdul Somad menerangkan Arti jihad yang sebenarnya.Kalau jaman dahulu Jihad bisa di artikan berperang di jalan Allah berperang melawan orang-orang kafir dan munafik,atau berperang melawan penjajah.

    Bagai mana kalau jihad di jaman sekarang? apakah juga berperang ? terus mau perang dengan siapa ?

    Simak terus vidionya supaya tidak gagal paham!!!

    bagikan vidio ini ke teman-teman dan keluarga,agar mereka juga tau

    jangan lupa like komen dan subscribe ya agar tidak ketinggalan vidio selanjutnya.

    Terimakasihh semoga bermanfaat buat kita semua.Aamiin . . .

    Wassalamualaikum . . .

    hukum membakar kemenyan : youtu.be/ckMNLy42WRM

    kisah nenek di candai Rasulullah :
    youtu.be/v3cJk_gDRO0

    youtu.be/Q1mRYS2g5o0

    #ustadAbdulSomad #jihad #islam

  • Makna Jihad Sebenarnya #antiislamphobia #maknajihad

    ( Read More)

    makna Jihad Sebenarnya.
    Pahami Arti Jihad Sebenarnya agar tidak mudah di giring pada issu islam phobia atau anti islam.

    #Jihad berarti #Perjuangan. Seperti kisah seorang pemuda pernah bertanya kepada Nabi SAW tentang #ArtiJihad sebenarnya. Maka, Nabi SAW berkata "Jihad terbesar adalah Jihad melawan hawa nafsu".

    orang-orang #antiislam ingin menyudutkan islam dengan cara mengarti Jihad sebagai perang dan terorisme.

  • Zakir naik, apakah arti JIHAD sebenarnya

    ( Read More)

    Zakir naik, apakah arti JIHAD sebenarnya

  • Makna JIHAD Menurut Al Mukarom Al Habib Lutfi Bin Yahya

    ( Read More)

    Like n Share