Pengertian Inklusi Keuangan

Memberikan pengetahuan dan kesadaran tentang ragam produk dan jasa keuangan, pengetahuan dan kesadaran tentang risiko terkait dengan. Pengertian inklusi keuangan dan literasi keungan. Menurut peraturan otoritas jasa keuangan nomor 76/pojk. 07/2016, pengertian inklusi keuangan adalah pemenuhan akses pada berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka memperkuat kesejahteraan dan mengurangi penyebab. Pelaksanaan bulan inklusi keuangan ini, lanjut tirta diharapkan juga mendorong pembukaan rekening, pemberian kredit/pembiayaan serta penggunaan produk atau layanan jasa keuangan serta untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap budaya menabung dan mempublikasikan program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan. Posisi indeks inklusi keuangan di indonesia terus meningkat, baik dari sisi jumlah kepemilikan akun maupun dari sisi penggunaan akun. Indeks kepemilikan akun meningkat dari 31,3% pada tahun 2014 menjadi 61,7% di tahun 202.

Menurut bank dunia atau world bank, definisi inklusi keuangan adalah hak bagi setiap orang atau bisnis yang memiliki akses dan kemampuan keuangan untuk membeli barang dan jasa dengan cara yang efektif dan berkelanjutan. Jadi, inklusi keuangan memungkinkan setiap orang atau bisnis memiliki hak. Tanpa adanya inklusi keuangan, kamu akan kesulitan dalam melakukan transaksi keuangan, pembukaan tabungan, membeli aset, memperoleh pinjaman, dan kendala lain yang mengganggu kegiatan perekonomian. Selain itu, berikut manfaat lain dari inklusi keuangan. Contoh neraca saldo sederhana dan 4 fungsinya untuk bisnis. Kalau imbalannya seperti itu, pantas saja banyak negara saling berlomba menggenjot inklusi keuangan. Bahkan inklusi keuangan telah menjadi isu global dan dibicarakan berbagai organisasi internasional world bank, g20, oecd, hingga apec. Pada g20 pittsbugh summit 2009, anggota g20 sepakat perlunya peningkatan akses keuangan bagi kelompok ini. Beberapa contoh layanan keuangan yang dimaksud meliputi semua jenis layanan perbankan dan asuransi. Berdasarkan data global findex dari 2014, mereka yang memiliki akses gratis ke layanan keuangan di.

Baca Juga :

Video Tentang Pengertian Inklusi Keuangan

Kami berusaha menampilkan informasi mengenai Pengertian Inklusi Keuangan secara lengkap, dari berbagai sumber di internet. Pembahasan artikel di atas Kami sampaikan inti-intinya saja, bisa dikatakan sebagai kesimpulannya. Untuk melengkapinya, berikut ini ada beberapa video yang menjelaskan secara lengkap seputar Pengertian Inklusi Keuangan. Silakan disimak.

  • Apa itu Literasi dan Inklusi Keuangan

    ( Read More)

  • Talk Show Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan

    ( Read More)

    Inklusi keuangan adalah ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
    Terdapat beberapa program yang tentunya bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan produk keuangan pasar modal, diantaranya;
    a. Reksa Dana Mikro,
    b. Galeri Investasi Mobile,
    c. Materi Pasar Modal dalam Materi Literasi Keuangan untuk tingkat SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi,
    d. Desa Menabung Saham,
    e. Yuk Nabung Saham dan
    f. World Investor Week.
    Upaya-upaya tersebut, merupakan beberapa strategi yang dilakukan OJK dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan pada industri pasar modal. Selain itu, hal yang juga sama pentingnya adalah mengenai aspek perlindungan konsumen. Aspek ini menjadi penting karena berdasarkan kondisi yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat gap yang cukup besar antara pemahaman masyarakat (literasi) dengan kepemilikan produk keuangan (inklusi).

  • Inklusi Keuangan

    ( Read More)

  • Inklusi Keuangan - Tugas MK Manajemen Keuangan Kelompok 6 Kelas 3B

    ( Read More)

    Disusun oleh:
    1. Noviyanti Rahmadhani
    2. Niken Septiani
    3. Nia Suciati
    4. Arindy Putri Meganandha
    5. Anggita Rosiana Dewi

  • Inklusi Keuangan | Tugas MK Manajemen Keuangan | Kelas A Kelompok 5

    ( Read More)

    Disusun oleh kelompok 5 dengan anggota:
    1. Dian Natalia 205231001
    2. Lelyta DC 205231005
    3. Novia AS 205231011
    4. Silvia Rahmawati 205231014
    5. Hasna N Ashary 205231030

  • PENTINGNYA literasi keuangan | Kenapa saya buat channel ini..

    ( Read More)

    Tingkat literasi keuangan di Indonesia termasuk rendah jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Padahal penduduk yang sadar akan pentingnya ilmu finansial dan investasi tidak hanya bisa membantu kesejahteraan dirinya, tapi juga bisa membantu ekonomi negara.

    Ilmu perencanaan keuangan, dunia finansial dan instrumen investasi juga sebenarnya bisa dijelaskan dengan cukup mudah dan sederhana, tidak perlu ilmu tinggi untuk bisa memulai merencanakan keuangan pribadi dan berinvestasi.

    Oleh karena itu edukasi finansial yang mudah terjangkau dan murah (bahkan gratis) sangat diperlukan untuk bisa meningkatkan literasi keuangan Indonesia.

  • Inklusi Keuangan untuk Semua Bangkitkan Ekonomi Bangsa

    ( Read More)

    Sobat OJK, inklusi keuangan merupakan salah satu solusi mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Tiga alasan pentingnya inklusi keuangan yaitu, penyaluran pembiayaan bagi pelaku UMKM dapat menggerakkan kembali roda perekonomian. Kemudian, inklusi keuangan diharapkan mendukung ketahanan ekonomi masyarakat. Terakhir, inklusi keuangan berperan membentuk kesadaran masyarakat untuk menabung dan berinvestasi. Hal ini disampaikan oleh Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara pada Penutupan Bulan Inklusi Keuangan 2021.

    Tayangan selengkapnya dari kegiatan tersebut Sobat OJK bisa saksikan pada Youtube Jasa Keuangan (OJK TV).

    #OJKIndonesia #BIK2021 #BulanInklusiKeuangan #InklusiKeuanganUntukSemua #DigitalisasiSJK #SatuDasawarsaOJK #10thOJK #SinergiOJK #PulihBersama #IndonesiaTangguh #MengabdiUntukNegeri

  • Bulan Inklusi Keuangan 2020 Fokus Pemulihan Ekonomi Nasional

    ( Read More)

    Anggota Dewan Komisioner OJK, Tirta Segara meluncurkan pembukaan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2020 di Jakarta secara virtual. Kegiatan BIK akan dilakukan pada tanggal 1-31 Oktober 2020 di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai macam program atau berbagai macam kegiatan literasi dan inklusi keuangan, serta perlindungan konsumen yang melibatkan kementerian atau lembaga (K/L), Industri Jasa Keuangan dan e-commerce. (5/10)

  • Pegadaian Agen Inklusi Keuangan Masyarakat - INDONESIA BUSINESS LEADERSHIP

    ( Read More)

    Saudara indeks inklusi keuangan indonesia perlahan mengalami peningkatan signifikan yaitu 76,19 persen pada tahun 2019 atau melebihi target 75 persen berdasarkan survei otoritas jasa keuangan.

    Meski begitu meningkatkan inklusi keuangan masih perlu dikejar. Salah satu alasannya adalah meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi.

    Keterlibatan banyak pihak bisa menjadi strategi manjur untuk mendorong inklusi keuangan salah satunya melalui pegadaian.

    Malam ini kita akan bahas peran pegadaian sebagai agen inklusi keuangan secara lengkap di indonesia business leadership .

    #IndonesiaBusinessLeadership #Pegadaian #SahabatPegadaian

    PT Pegadaian Persero : youtube.com/channel/UC_acigZTCXTQuXL-3hqm6Gg
    Sahabat Pegadaian : youtube.com/channel/UC1Q_4xSkcX4s5aiq0mePlpQ

    Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di kompas.tv/live. Agar tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru dari Kompas TV.

    Media sosial Kompas TV:
    Facebook: facebook.com/KompasTV
    Instagram: instagram.com/kompastv
    Twitter: twitter.com/KompasTV
    LINE: line.me/ti/p/%40KompasTV

  • Ibu Sinem The Woman Entrepreneur

    ( Read More)

    Ibu Sinem adalah potret salah seorang perempuan pengusaha mikro yang selalu memacu dirinya untuk belajar, mengoptimalkan kesempatan yang ada dan bersikap optimis. Keuletannya dan kerja keras serta pengetahuan baru yang dipelajarinya melalui program SWEET membawanya melangkah lebih jauh dengan senyuman.

    Scaling-up Women Entrepreneurs Empowerment Training (SWEET) adalah program inklusi keuangan yang bertujuan untuk memperluas pelatihan literasi keuangan dan pengelolaan usaha untuk menjangkau perempuan pengusaha mikro dan mendorong terjadinya perubahan perilaku, sehingga mereka dapat menabung secara aktif melalui agen bank.

  • Bincang Produktif Inklusi Keuangan PT. BPR Artha Samudera Indonesia bersama SMK PGRI 1 Tulungangung

    ( Read More)

    Kegiatan Inklusi Keuangan ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memaparkan pentingnya Inklusi Keuangan kepada pelajar dan juga lembaga pendidikan.

    Website : bprarsindo.co.id
    Instagram : instagram.com/arthasamuderaindonesia
    Facebook : facebook.com/bprarsindo

  • Titiwangi Desa pertama di Indonesia dan Lampung sebagai Desa Inklusi Keuangan

    ( Read More)

  • KONSEP DASAR INKLUSI [Pendidikan Inklusi]

    ( Read More)

    Apa itu pendidikan inklusi?
    Sama atau tidak dengan pendidikan ABK?
    Yuuuk kita belajar bersama-sama.

  • SAJABI ep.74 - Literasi Keuangan untuk Semua

    ( Read More)

    SAJABI adalah bincang-bincang bersama pakar dari Universitas Padjadjaran dari berbagi disiplin ilmu yang membahas berbagai topik terkini yang menjadi ketertarikan masyarakat luas. Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Profesor Universitas Padjadjaran. Acara diselenggarakan Live setiap hari Sabtu jam 4-5 sore.

  • Peran OJK dalam Literasi & Inklusi Keuangan

    ( Read More)

    STIE AMA Salatiga dirintis oleh tokoh-tokoh pendidikan Kota Salatiga yang beberapa diantaranya menjabat sebagai pejabat Muspida di Salatiga kala itu yang terdiri dari :

    – Djoko Santoso, BA (Walikotamadya Salatiga)

    Letkol C. Soterisno (DPRD Kodya Salatiga)
    Imam Sutikno, SH. (Ketua Pengadilan Negeri Salatiga)
    Soejono (Sekwilda Kodya Salatiga)
    Soetomo, WE. (Akademisi)
    Beliau memiliki gagasan, bagaimana agar masyarakat Salatiga yang berlatar belakang ekonomi lemah, dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Ide awal tersebut kemudian ditindak lanjuti dengan mendirikan sebuah Yayasan yang bernama : Yayasan Pendidikan Salatiga, yang diketuai oleh Djoko Santosa, BA.

    Selanjutnya mulai dirumuskan dan dipersiapkan tentang rencana pendirian sebuah Perguruan Tinggi Swasta dan melalui berbagai pertimbangan pada akhirnya disepakati untuk membentuk sebuah Akademi dengan dua jurusan, yaitu : Manajemen dan Akuntansi.

    Setelah menunggu proses perijinan selama kurang lebih satu tahun, akhirnya pihak Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah pada tanggal 6 April 1984 mengeluarkan ijin operasional untuk pendirian Akademi Manajemen Salatiga, dengan program studi manajemen perusahaan, jenjang diploma 3, sehingga di Salatiga saat itu telah lahir PTS baru dengan nama Akademi Manajemen Salatiga (AMA SALATIGA) yang berlokasi di bangunan eks SMA Negeri I Salatiga di Jalan Diponegoro 39 Salatiga.

    Awal pendaftaran dibuka, jumlah pendaftar masih belum maksimal, hal ini dikarenakan kondisi fasilitas belajar mengajar, terutama jumlah ruang kuliah yang belum memadai, namun dengan kondisi tersebut, memicu motivasi pengelola untuk secara perlahan namun pasti berupaya meningkatkan sarana dan prasarana perkuliahan serta dosen. Selanjutnya pada tahun 1987 AMA SALATIGA memperoleh status terdaftar melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0654/0/1987, tanggal 20 Oktober 1987.

    Kerja keras yang tak mengenal lelah dari segenap pengelola Akademi dan Yayasan, akhirnya membuahkan hasil yang cukup menggembirakan, yaitu jumlah animo masyarakat Salatiga dan sekitarnya yang menjadi mahasiswa AMA SALATIGA kian bertambah, ini merupakan salah satu bukti apresiasi masyarakat terhadap AMA SALATIGA semakin baik. Selanjutnya dari hasil evaluasi Direktorat Jendral Pendididkan Tinggi (Dirjen Dikti), AMA Salatiga memperoleh peningkatan status menjadi “diakui”, melalui SK No. 326/DIKTI/Kep/1995.

    Sejalan dengan perjalanan waktu dan atas permintaan dari alumni serta dukungan seluruh civitas akademika, maka AMA SALATIGA kian memantapkan diri untuk tumbuh berkembang menjadi PTS yang selalu berupaya memenuhi tuntutan masyarakat, sehingga pada tahun 2000 AMA SALATIGA resmi berubah menjadi SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI “AMA” SALATIGA melalui SK Mendiknas. No. 22/D/0/2000, tanggal 14 Maret 2000, dengan tiga program studi, yakni : Strata 1 Manajemen; Diploma III Manajemen Perusahaan dan Diploma III Akuntansi.

    Pengelolaan STIE AMA Salatiga secara bersinergi, berorientasi pada manajemen mutu, dengan bukti konkrit kesungguhan tersebut dengan telah berhasil diraihnya peringkat akreditasi pertama kali pada tahun 2006 program studi S1 Manajemen dan DIII Manajemen Perusahaan terakreditasi C, dan DIII Akuntansi terakreditasi B. Kemudian re-akreditasi kedua tahun 2009 berhasil meningkatkan peringkat akreditasi program studi S1 Manajemen yang semula terakreditasi C menjadi berhasil meraih peringkat akreditasi B sehingga sehingga dari tiga program studi yang ada dua program studi yang ada telah berperingkat B, dan akan senantiasa ditingkatkan terus menerus selain diupayakan pula penambahan program studi strata satu (S1) Akuntansi yang telah memperoleh ijin operasional Dikti pada tanggal 20 Mei 2011.

  • Apa Itu Inklusi || Pendidikan Inklusi

    ( Read More)

    Video ini akan memberikan wawasan mengenai seputar pendidikan inklusi, jenis-jenis Anak Berkebutuhan Khusus, Penerimaan ABK dilingkungan Masyarakat, Serta pelaksanaan Pendidikan Inklusi di Sekolah Umum

  • Apa Itu Desa Inklusi Pengertian Desa Inklusi dan Konsep Penerapanya

    ( Read More)

    #mariberdesa #desainklusi #100%inklusi

    Desa inkulisi adalah : Desa yang memberikan ruang partisipasi aktif dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan didesa bagi seluruh masyarakat desa tanpa terkecuali, termasuk didalamnya pelibatan secara aktif kelompok masyarakat rentan dan majinal dengan prinsip kesetaraan.

  • KoinWorks x SDNKI: Peran Teknologi Finansial Dalam Inklusi Keuangan

    ( Read More)

  • Dorong Perkembangan Ekonomi, Desa Ini jadi Desa Inklusi Keuangan Pertama di Indonesia

    ( Read More)

    RADARLAMPUNG.CO.ID-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung memiliki program desa inklusi keuangan untuk mendorong perekonomian desa. Adalah Desa Cinta Mulya dan Desa Titiwangi di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan menjadi desa inklusi keuangan pertama di Indonesia.

    Di kedua desa tersebut, OJK bersama Bank Lampung mempromosikan program Laku Pandai atau Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif. Program ini merupakan jasa keuangan berbasis online.
    Di desa Cinta Mulya, setidaknya dana pinjaman program tersebut sebesar Rp700 juta telah dikucurkan. Dengan program pinjaman tersebut, penduduk dapat membuka peluang dengan usaha di luar bidang pertanian. (*)

    Tim peliput
    Muhammad Arif/radarlampung.co.id

    Kunjungi Situs Kami di radarlampung.co.id

    PT. Radar Lampung Online adalah bagian dari media berbasis online yang merupakan jaringan dari Surat Kabar Harian Radar Lampung yang bisa diakses melalui radarlampung.co.id. Kami menyajikan berita-berita realtime, terkini, dan ter-update.

    Facebook : facebook.com/radarlampung
    Twitter : twitter.com/radarlampung
    Instagram : instagram.com/radarlampungonline/
    Pinterest : id.pinterest.com/radarlampungonline/
    Iklan : radarlampung.co.id/iklan/

    #lampung #bandarlampung #metro #pringsewu #pesawaran #lampungselatan #lampungbarat #pesisirbarat #lampungtimur #lampungtengah #lampungutara #tulangbawang #tulangbawangbarat #waykanan #mesuji #tanggamus #infolampung #beritalampung #lampungviral #lampungterkini